Sabtu, 13 Maret 2010

ANTROPOLOGI KESEHATAN

YUSIKO NPM. 095141020
UMITRA LAMPUNG

ANTROPOLOGI KESEHATAN
Hasan Dan Prasad ,Antropologi Kesehatan Adalah Cabang Dari Ilmu Mengenai Manusia,Yang Mempelajari Aspek-Aspek Biologist Dan Kebudayaan Manusia Dari Titik Tolak Untuk Memaham Kedokteran ,Sejarah Kedokteran ,Hukum Kedokteran,Dan Masalah Kesehatan Manusia .
Hochstrasser,Adalah Biobudaya Manusia Dan Karya-Karyanya Yang Berhubungan Dengan Keseshatan Dan Pengobatan.
Lieban ; Antropologi Kesehatan Mencakup Studi Fenomena Medis.
FABREGA ,ANTROPOLOGI SEBAGAI SESUATU YANG :
A.Menjelaskan Berbgai Faktor Mekanisme Dan Proses Mempengaruhi Individu Dan Kelompok Terhadap Sakit Dan Penyakit.
B.Mempelajari Masalah-Masalah Terhadap Pola Tingkah Laku..
ANTROPOLOGI KESEHATAN ADALAH ISTILAH YANG DIGUNAKAN OLEH AHLI-AHLI ANTOPOLOGI UNTUK MENDISKRIPSIKAN :
1.Hubungaqn Timbal Balik Antara Manusia Dimasa Lalu Dan Kini Dengan Derajat Kesehatan Danpenyakit.
2.Partisipasi Profesional Yang Bertujuan Memperbaiki Derajat Kesehatan Melalui Pemahaman Hubungan Bio Budaya Dengan Kesehatan .
AKAR ANTROPOLOGI KESEHATAN.
1.Perhatian ahli antropologi pisik terhadap topik seperti evolusi, adaptasi,anatomi komparatif,type-type ras,genetik dan serologis.
2.Perhatian trerhadap etnografi tradisionalterhadap pengobatan primitif termaqsuk ilmu sihir dan mage.
3.Gerakan kebudayaan dan kepribadian merupoakan kerjasama ahli psiatri dengan antropologi.
4.Gerakan kesehatran masyarakat internasional.
1.ANTROPOLOGI FISIK.
Ahli Antropologi Fisik Adalah Ahli Kesehatan(Dokter).
Hasan Dan Prasad (L959)Menyusun Study Tentang Nutrisi Dan Pertumbuhan Serta Korelasi Antara Bentuk Tubuh Dengan Penyakit Misalnya ,Tukak Lambung,Berbagai Pertumbuhan Manusia,Perkembangan Bersifat Medis,Dan Antropologi
Underwood ;Pengertian Penyakit Terhadap Evolusi Manusia,Jenis Penyakit Akibat Budaya.Fines ;Penyakit Ditemukan Pada Populasi Manusia Sebagai Akibat Cara Hidupnya.Pencegahan Penyakit;Ditemukan Kelompok Penduduk Yang Mempunyai Resiko Tinggi Yakni Orang Yang Tubu8hnya Mengandung Sel Sabit Dan Pembawa Penyakit Kuning.Penciptaan Pakaian Dan Peralatanuntuk Daerah Kutub Dan Tropis
2.ETNOMEDISIN
Adalah Kepercayaan Dan Pratek Berkenaan Dengan Penyakit Yang Merupakan Hasil Dari Perkembangan Kebudayaan Asli Dan Eksplisit Tidak Berasal Dari Kedokteran.
Whr Rivers(1942)Ahli Antropologi Inggris ,Sistem Pengobatan Asli Adalah Rasional Bila Dilhat Dari Sudut Kepercayaan Yang Berlaku Sebagai Sebab Akibat.
3.STUDY-STUDYTENTANG KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN.
Para Mahli Antropologi Dan Ilmu Tingkah Laku Mempelajari Kepribadian,Kartu Test Tinta Rorsehaeh Dan Theomatie Test Dapat Memberi Kunci Jawabab Setiap Pertanyaan.
Ahli Antropologi Memfokuskan Pengethuan Antropologi Dalam Peningkatan Kesehatan
4.KESEHATAN MASYARAKAT INTERNASIONAL
Program Kesehatan Masyarakat Utama Bersifat Bilateral Dan Multilateral.Petugas Kesehatan Bekerja Lintas Budaya.Penyakit Bukan Merupakan Gejala Biologis Melainkan Gejala Sosial Budaya.
Kebutuhan Kesehatan Dinegara Berkembang Tidak Dapat Dipenuhi Dengan Sekedar Memindahkan Pelayanan Kesehatan Dari Negara Industri.
Dimensi Teoritis Dan Terapan.
Perekembangan Perhatian Ahli Antropologi Terhadap Masalah-Masalah Kesehatan Dan Penyakit Bermotif Teoritis Dan Pratek Pengobatan .
Penelitian Dalam Antropologi Biomedikal Berorientasi Teoritis.Antropologi Kesehatan Sebagai Ilmu Terapan..Tujuan Antropologi Kesehatan Dalah Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Dan Pemahaman Terhadap Komponen Tingkah Laku Sehubungan Timbulnya Penyakit.
Menurut Stan Perbedaan Terhadap Teoritis Dan Terpan Adalah Terutama Bersifat Analistik Adalah Suatu Cara Memandang Berbagai Aspek Penelitian .
Pada Tahun 1942 Amerika Serikatn Meprakasai Kerjasama Program Kesehatan .Setelah Perang Dunia Terbentuk Who.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar