Sabtu, 13 Maret 2010

BIDANG BARU ANTOPOLOGI KESEHATAN

YUSIKO NPM. 095141020
UMITRA LAMPUNG

Sejak Berakhirnya Perang Dunia Ii.Ahli Antropologi Sosial Budaya Dan Biologi ;Perhatianya Pada Studi Lintas Budaya Dan Sistem Keshatan.
Ahli A Ntropologi Minat Bekerja Di Fakultas Kedokteran, Sekolah Perawat Kesehatan,Dan R.S,Departemen Kesehatan Dan Jurusan Antropologi Di Universitas.
Ahli Antropologi Melakukan Penelitiandalam Topik Manusia,Anatoni, Pediarti, Epidemiologi,Kesehatan Jiwa,Penyalahgunaan Obat,Difinisi Sehat Dan Penyakit,Latihan Petugas Kesehatan,Birokrasi Medis,Pengaturan Dan Pelaksanaan R.S,Hub.Dokter-Pasien,Memperkenalkan Sistem Kesehatan Ilmiah Yang Sistem Kes.Tradisional.
Ahli Antrologi Tersbut Dinamakan Ahli Antropologi Kesehatan.
SUMBER-SUMBER DAN LINGKUNGAN.
Kutub Biologi Pokok Perhatiannya Adalah Tentang Pertumbuhan Dan Perkemnbangan Manusia,Peranan Penyakit Dalam Evolusi Manusia Dan Paleopatologi(Studi Mengenai Penyakit-Penyakit Purba.
Kutub Sosial Budaya Pokok Perhatiannya Pada Sistem Medis Tradisional(Etnomedisin).
SEJARAH ANTROPOLOGI KESEHATAN.
Surveibesar Pertama Tentnang Timbulnya Ilmu Antropologi Terdapat Pada Tulisan Tahun 1953 Yang Berjudul``Applied Antropology In Medicine``Awal Tidak Menimbulkan Suatu Sub Disiplin Baru.
Tahun 1963 Scotch Memeberi Judul``Antropologi Kesehatan``Suatu Artikel Besar Dan Paul Membicarakan Antropologi Kesehatan Dalam Suatu Aretikel Kedokteran Dan Kesehatan Masyarakat,Baru Ahli Ahli Antropologi Mengharagai Implikasi Dari Penelitian Tentang Ke4sehatan Dan Penyakitbagi Ilmu Antropologi.
Pengesahan Lebih Lanjut Atas Sub Disipli Baru Adalah Munculnya ``Medical Behabioralscience(Pearsall.1963)``
Pada Tahun Yang Sama Yang Berorientasipada Ilmu Antropologi ;Sejumlah 3.000.Judul .Pentingnya Sistem Medis Bagi Antropologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar