Sabtu, 13 Maret 2010

SISTEM MEDIS & ETNOMEDISIN & ETNOPSIKIATRI

SISTEM MEDIS

DUNN(1976)
Sistemn Medis Adalah Pola-Pola Dari Pranata Sosial Dan Tradisi –Tradisi Yang Menyangkut Perilaku Yang Sengaja Untuk Meningkatkan Kesehatan ,Meskipun Hasil Dari Tingkah Laku Khusus Tersebut Belum Tentu Kesehatan Yang Baik.
RUBIN 1960
Karena Keharusan Manusia Mau Tidak Mau Senantiasa Menaruh Perhatian Terhadap Masalah-Masalah Kesehatan Serta Usaha Mempertahankan Kelangsungan Hidup Dan Sejauh Batas Pengetahuannya ,Mencari Penyelesaian Masalah –Masalah Penyakit.
SECARA SINGKAT SISTEM MEDIS
Mencakup Semua Kepercayaan Tentang Usaha Meningkatkan Kesehatan Dan Tindakan Serta Pengetahuan Ilmiah Mapun Keterampilan Anggota-Aqnggota Kerlompok Yang Mendukung Sistem Tersebut.
TEORI PENYAKIT DAN SISTEM PERAWATAN KESEHATAN.
Di Amerika Serikat Sistem Medis Formal Dibagi Menjadi;
1.Sistem Pendidikan Medis.
2.Sistem Penelitian Medis.
3.Sistem Perawtan Kesehatan.
4.Sistem Kesehatan Masyarakt.
SISTEM TEORI PENYAKIT.
Kepertcayaan –Kepercayaan Mengenai Ciri –Ciri Sehat, Sebab-Sebab Sakit, Serta Pengobatan Dan Teknik-Teknik Penyembuhan Lain Yang Digunakan Oleh Dokter.
SISTEM PERAWATAN KESEHATAN
Suatu Pranata Sosial Yang Melibatakan Interaksi Antara Sejumlah Orang ,Sedikitnya Si Pasien Dan Penyembuh. Fungsi Nya Adalah Untuk Memobilitasi Sumberdaya Pasien Yakni Keluaraga Dan Masyarakatnya. Manfaat Perbedaan Sistem Teori Penyakit Dan Sistem Peraweatan Kesehatan Membantu Untuk Melihat Lebuh Jelas Kekuatan Dan Kelemahan Dari Keseluruhan Sistem Medus. Untuk Mengatasi Secara Secara Lebih Bijaksana ,Lebih Peka, Tantangan Dalm Memperkenalkan Perubahandalam Msdis.
BERMANFAAT UNTUK PENDIDIKAN DAN PENELITIAN.
Beberapa Unsur Universal Dalamn Sistem –Sistem Medis.
Sifat Universalberhubungan Dengan Peranan Dan Kewajiban ;Sedikitnya Ada Pasien Dan Penyembuh ,Difinisi Penyakit,Sikap Terhadap Sehat Dan Penyakit,Integrasi Kedokteran Dan Budaya Umum
1.SISTEM MEDIS BAGIAN INTERGRAL DARI KEBUDAYAAN.
Kepercayaan Terhadap Penyakit Sangat Terjalin Erat Dengan Magic,Religi.Sehingga Tdk Mungkin Memisahkan. Peranan Dukun Hubungan Dengan Pasien Dan Keluarganya.
Sistem Nedis Adalah Bagian Dari Kebudayaan Pada Tingkatan Yng Abstrakyangdalam Isi Nya Mencerminkan Pola-Pola Dan Nilai Yang Kurang Nampak.
PELLEGRIO (1963).
Kedokteran Adalah Suatu Indikator Yang Sangat Peka Dari Ciri-Ciri Kebudayaan Yang Dominan Dalam Tiap Era ,Karena Tingkah Laku Manusia Sebelum Adanya Ancaman –Ancaman Dan Kenyataan Sakit Perlu Berakar Dalam Konsepsi Yang Telah Dibangun Mengenai Dirinya Sendiri Dan Alam Semesta.
2.PENYAKIT DITENTUKAN OLEH KEBUDAYAAN.
Penyakit Dalam Padangan Budaya Adalah Pengakuan Sosial Bahwa Sesorang Itu Tidak Bisa Menjalankan Peran Normaln Ya Secara Wajar ,Dan Bahwa Harus Dilakukan Sesuatu Terhadap Situasi Tewrsebut.
3.SEMUA SISTEM MEDIS MEMIKI SEGI-SEGI PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN.
Pejabat Dapat Mewajibkan Atau Melarang Yang Berhubungan Dengan Kesehatan Misalnya Karantina, Wajib Imunisasi, Standart Air Bersih, Sanitasi,
Di Cina Pada Masa Purba Telah Berkembang Pranata Untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat.
SISTEM MEDIS MEMILIKI SEJUMLAH FUNGSI
Suatu Sistem Penyakit Memberikan Rasional Bagi Pengobatan. Suatu Sistem Teori Openyakit Menjelaskan “Mengapa” Suatau Teori Penyakit Serangkaian Menjalankan Peran Kuat Dalam Memberi Sanksi Dan Dorongan Norma –Norma Budaya Sosial Dan Moral.Suatau Sistem Teori Penyakit Dapat Memberikan Rasional Bagi Pelaksanaan –Pelaksanaan Konversi.Suatau Sistem Teori Penyakit Dapat Mengatasi Agresi. Peranan Nasionalistik Pengobatan Tradisional

ETNOMEDISIN

Etnomedisin ,Istilah Kontenporer Untuk Kelompok Pengethuan Luas Yang Berasal Dari Rasa Ingin Tahu Dan Metode-Metode Penelitian Yang Digunakan Untuk Menambah Pengetahuan Itu, Menarik Minat Ahli-Ahli Antropologi ,Baik Dari Alasan Teoritis Maupun Alasan Pratek.
MASALAH PERISTILAHAN
Erwin Ackerknecht, Seorang Dokter Ahli Etnologi Pada Tahun 1940 Berbucara “Pengobatan Primitif”.Yang Dilukiskan Sebagai Terutama Religius Magis Yang Memanfaatkan Beberapa Elemen Rasional (1971 ).
ETIOLOGI PENYAKIT.
1.SISTEM-SISTEM MEDIS PERSONOLISTIK.
Adalah Suatu Sistem Dimana Penyakit (Illness) Disebabkan Oleh Intervensi Dari Suatu Agen Yang Aktif ,Yang Berupa Mahluk Supranatural (Mahluk Gaib,Atau Dewa),Mahluk Yang Bukan Manusia (Hantu,Roh Leluhur, Atau Roh Jahat)Maupun Mahluk Manusia (Tukang Sihir /Tenung) Orang Sakit Adalah Korbannya.
2.SISTEM-SISTEM MEDIS NATURALISTIK.
Adalah Penyakit(Illness) Dijelaskan Dengan Istilah-Istilah Sistemik Yang Bukan Pribadi .
Sistem Naturalistik Mengakui Adanya Suatu Model Keseimbangan ,Sehat Terjadi Karena Unsur-Unsur Yang Tetap Didalam Tubuh Seperti Panas, Dingin,Cairan Tubuh (Humor Atau Dpsha)Yin Dan Yang ,Berada Dalam Keadaan Yang Seimbang Menurut Usia, Dan Kondisi Individu Dalam Lingkungan Alamiah Dan Lingkuan Sosial.
KONSEP KAUSALITAS DALAM SISTEM PERSONALISTIK.
GLICK(1967)
Penyakit Disebabkan Agen-Agen Yang Dengan Beberapa Cara Menjatuhkan Kekuatan Mereka Atas Diri Para Korban.
Agen-Agen Dapat Berupa Mahluk Manusia, Manusia Super, .
ALLAND (1970)
Agen-Agen Tersebut Dapat Melintasi Alam Natural Dan Supranatural Yaitu Tukang Tenung,
Mahluk Supranaturan Yaitu Hantu, Setan-Semak-Semak Dan Tukang Sihir Dan Dewa Semuanya Dapay Menyebabkan Penyakit.
DALAM SITEM NATURALISTIK.
Sehat Adalah Apabila Unsur-Unsur Dasar Dalam Tubuh Manusia “Humor”,Yin Dan Yang ,Serta Dhosa Dalam Ayuverda Berada Dalam Keadaan Seimbang Menurut Usia Dan Kondisi Individu.
SISTEM NATURALISTIK
Patologi Humorasl (Di Amerika Latin ) Berdasarkan Atas Konsep”Humor”(Cairan )Dalam Tubug Manusia Ditemukan Dalamteori Yunani Mengenai Empat Unsur (Tanah,Air,Udara,Api) Dikenal Sejak Abad Ke6 .S.M
HIPPOCRATES
Tubuh Manusia Mengandung Darah, Flegma, Empedu Kuining Dan Empedu Hitam .Unsur –Unsur Ini Yang Membentuk Tubu8h Nmanusia Mersa Sakit Atatu Sehat.
Penyakit Akan Timbul Pada Waktu Tertentu Pada Setiap Tahun.
Penyakit Akan Menonjol Pada Musim Yang Cocok Dengan Sifat-Sifatnya.
Penyakit Yangn Disebabkan Oleh Kelebihan Makanan Diobati Dengan Puasa..
Penyakit Kekurangan Makanan Disembuhkan Dengan Memberi Makanan .
Penyakit Akibat Kerja Keras Diobati Dengan Istirahat.
Dokter Harus Menanggulangi Pen Yakit Dengan Prinsip Oposisi Terhadap Penyebab Prenyakit, Sesuaqi Dengan Bentuknya, Pengaruh Musimnya, Dan Pengaruh Usianya, Menghadapi Ketegangan Dengan Kesantaiannya.Keseimbangan Berbeda-Beda Terlihat Pada Wajah. Kemerah-Merahan Wajah Sehat, Gembira, Optimis. Flegmatis ,Tenang Dapat Mengendalikan Diri, Lamban, Apatis. Masam,Cepat Marah, Bertemperamen Buruk .Murung Atau Melankoli , Depresi, Sedih, Melankolis.
PENYAKIT YANG DISEBABKAN PANAS
Diobati Dengan Ramuan Obat Yang Dingin.Dan Makanan Yang Dingin. Dilakukaqn Tindakan –Tindakan Yang Mendinginkan.
PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH DINGIN.
Diobati Dengan Ramuan Panas Dan Makanan Panas. Diberikan Tindakan Anti Panas . Pengobatan Pada Umumnya Campuran Mdari Unsur Dingin Dan Unsur Panas.
PATOLOGI HUMUROL KONSEP GALEN
Menyebar Kearah Timur Dan Barat Melalui Perluaqsan Perdapan Islam.Menurut Tulisan Tabib Kristen Hipocrates, Galen Dan Tabib Dari Arab Kususnya Utama Avicema Merupakan Otoritas Utama Dalam Teori Dan Pelaksanaan Medis.
PENGOBATAN AYURVEDA
Dalam Pengobatan Ayurveda Di India Pada Awal Abad Pertama .S.M.
Jelliffe (1957) Mengadakan Penelitian Bahwa Makanan Garam(Panas)Meliputi Telur,Daging,Susu,Dahl,Madu, Dan Gula.
Makanan Tonda(Dingin)Meliputi Sari Buah-Buahan,Yoghurt,Keju Asam, Nasi Dan Air.
TEORI AYURVEDA
Alam Semesta Terdidiri Empat Unsur Yakni Bumi,Air,Api, Udara) Ditambah Satu Unsur Yaitu Eter.
Tubuh Manusia Memiliki Tiga Humor Yang Disebut Dosha (Tridosha) Yakni Flegma Atau Cairan Lendir,Empedu Atau Cairan Pada Empedu, Angin Atau Gas Dalam Saluran Pencernaan.
SEHAT MENURUT TEORI AYURVEDA
Apabila Ketiga Dosha Tersebut Berada Dalam Keadaan Seimbang. Sakit Adalah Apabila Salah Satu Atau Lebh Dosha Tidak Berfungsi Sebagaimana Mustinya.(Leslie 1969 ).
PENGOBATAN TRADISIUONAL CINA .
Pengobatan Tradisional Cina Mewakili Kasus Tentang Konsep Sentral Dalam Kosmologi Cina.”Pasangan Kekuatan Ying Dan Yang ,Dimana Interaksi Yang Terus Menerus Berada Dibalik Seluruh Gejala Alam ,Terbentuk Dan Berfungsi Tubuh Manusia (Croizier 1968 ).
UNSUR YANG MEWAKILI.
Langit,Matahari, Api,Panas,Kering,Cahaya,Prinsip Kelaki-Lakian,Bagian Luar, Sebelah Kanan,Hidup,Tinggi, Keagungan, Baik,Indah, Kebajikan,Aturan,Kebahagiaan,Kekayaan,Dengan Kata Lain Segala Unsur Yang Positif .
UNSUR YIN MEWAKILI
Bumi,Bulan,Air,Dingin,Kelembaban,Kegelapan,Prinsip Kewanitaan,Bagian Dalam,Sebelah Kiri,Kematian ,Rendah,Tidak Agung,Jahat,Buruk,Keculasan,Kekacauan,Dan Kemiskinan Singkatnya Yang Bersifat Negatif.
TEORI EMOSIONAL DALAM TEORI PENYEBAB
Pengalaman Emosional Seperti Iri, Takut, Sedih, Malu Dapat Mengakibatkan Penyakit.
Dokter Menjelaskan Tangisan , Rengekan Dan Apati Merupakan Gejala Kekurangan Protein Waktumsianak Sisapih.
HUBUNGAN SEBAB AKIBAT.
Etiologi Etiologi Komprehensip Dan Terbatas.
Penyakit Relegi Dan Magi.
Tingkastan Tingkatan Penyebab Penyakit.
Shaman Dan Pengobatannya.
DIAGNOSIS.
Pengobatan Rakyat Amerika.
1.Pengobatan Rakyat Ero-Amerika.
2.Pengobatan Kulit Hitam.
3.Pengobatan Rakyat Amerika Spanyol.
PENGOBATAN RAKYAT ERO –AMERIKA
Membutuhkan Pertolongan Medis, Dapat Juga Berpaling Pada Pengobatan “Sekte” Yaitu Import Dari Jerman Yaituy Homeopathy Atau Apotek Hidup .
PENGOBATAN RAKYAT KULIT HITAM
Pengobatan Tradisional Merupakan Pengobatan Rakyat Resmi Yang Merupakan Tradisi Lisan.
Kepercayaan Terhadap Spranatural ,Magi. Sihir Mempunyuai Peranan Yang Penting.
PENGOBATAN RAKYAT AMERIKA DIPANDANG SEBAGAI ETNOMEDISIN.
Kepercayaan –Kepercayaan Dan Pratek Pengobatan Dimasa Lalu Mengarah Kepada Korelasi Tentang Sistem Medis Non Barat.

ETNOPSIKIATRI

AWAL DARI ETNOPSIKIATRI.
Ahli Antropologi Perhatian Terhadap Penyakit Mental Sangat Jauh Dari Bidang Etnomedisin.
Perhatian Ditujukan Untuk Mengujui Hepotesis Freud ;Untuk Menentukan Apakah Oedipus Komplek Itu Bersifat Universal .,Apakah Fase-Fase Perkembangan Oral, Anal, Genital, Dan Laten Dalam Kehidupan Individu Bersifat Universal Atau Khusus. Di Amerika Pada Tahun 1920 “Malinowski”Yang Menguji Hipotesa Yang Pertama Kali. Yang Dinamakan Aliran Kebudayaan Dan Kepribadian. Tahun 1930 ,Mkargaret Mead, Edward Sapir. 1936-1940,Psiater Abraham Kardibois,Ralp Linton Ruth Benedict Mengajukan Seminar Tentang Kebudayaan Dan Kepribadian.
PERTANYAAN YANG DITANGANI OLEH AHLI ANTROPOLOGI
1.Definisi Tentang Budaya “Normal Dan Ab Normal”
2.Penjelasan Non Barat Tentang Penyakit Jiwa.
3.Cara-Cara Dari Segi Budaya Untuk Menangani Tingkah Laku Yang Menyimpang .
4.Terjadinya Penyakit Jiwa Dalam Masyarakat.
5,Demografi Penyakit Jiwa.
ETIOLOGI PENYAKIT JIWA NON BARAT .
1.Kesurupan Oleh Hantu,Roh,Atau Dewa.
2.Hukuman Karena Melanggar Tabu Atau Ilmu Sihir.
3.Kekuatan Kosmik, Kerusakan Fisik, (Pukulan Pada Kepala,Kehilangan Darah).
4hukuman Oleh Kekuatan Supranatural.
CARA BUDAYA MENANGANI PENYAKIT JIWA.
1.Dengan Pengobatan Shaman, Biasanya Dalam Keadaan Kesurupan ,Berhubungan Dengan Roh Untuk Mendiagnose Penyakit.
2.Perwatan Trerhadap Sakit Jiwa.
A.Diberi Sebagai Warga Masyarakat ,Untuk Memjalankan Fungsinya Di Masyarakat..
B.Diberi Kebebasan Gerak
C.Dipelihara Dirumah.
D.Dikubur Hidup-Hidup Jika Kesurupan Roh Jahat.
E,Memberi Nmramuan Tumbuh-Tumbuhan.
PERBANDINGAN TIMBULMYA PENYAKIT JIWA DALAM MASYARAKAT BERBEDA.
1.MITOS EKSISTENSI PRIMITIF YANG BEBAS STRES.
Dunia Yang Penuh Penuh Dengan Dewa-Dewa, Hantu Pembalas Dendam, Tukang Sihir Dan Tukang Tenung,Tetangga Yang Marah Dan Iri Hati Dapat Menimbulkan Stres.
2,VARIASI DALAM POLA-POLA POKOK TINGKAH LAKU ABNORMAL.
Dalam Penelitian Terdapat Gejala Primer Dan Sekundair.Stres Timbulbnya Depresi ,Sekundair Dilihat Dari Invidu Terhadap Penyakit.
PENYAKIT JIWA DAN PERUBAHAN
1.Depresi Muncul Lebih Menyolok Dikalangan Masyarakt Yang Mengalami Transisi ,Dibandingkan Dengan Masyarakt Yang Mapan
2,Sindroma Sempurna Adalah Penggantian Yang Dipaksakan.
3.David Looff .,Menjelaskan Hubungan Antara Penyakirt Jiwa Dengan Pratek Sosialisasi .Misalnya Sistem Keluarga Yang Tertutup Dan Terikat Tradisi Membentuk Patologi Thd.Anak Sehungga Menjadi Menjadi Takut Apa Saja Yang Asing .
GANGGUAN - GANGGUAN BUDAYA KHUSUS
1.Histeria Kutub Atau Arctic Hysteria(Dikenal Sebagai Pibloktoq Oleh Orang Eksimo,).
2.Windigo(Suatu Obseikanibalistik Dikalangan Masayarakat Indian Di Amerika Utara Bagian Timur Laut).
3.Running Amok (Pembunuhan Yang Membabi Buta Diantara Kamun Laki-Laki Malasya)
4.Latah (Suatu Reaksi Histeria Yang Bersifat Meniru ).
5.Koro (Kekuatan Terhadap Akan Mengkewrutnya Penis Dikalangan Orang Laki-Laki Cina )
6.Susto (Suatu Kondisi Nkecemasan Depresi Yang Dilukiskan Dibanyak Daerah Di Amerika Latin).
7,Bilis (Penyakit Daerah Yaitu Mganggiuan Dalam Hati)
8.Malgri (Sindroma Khawatir Yang Membuat Orang Tidak Berdaya Yang Ditandai Oleh Kantuk Dan Sakit Perut ).
SHAMAN,DUKUN SIHIR,DAN PENYEMBUH-PENYEMBUH LAIN
Wawan Cara Pengobatan,Adalahsifat Medical Antropology Yang Lintas Budaya Untuk Memberikan Lukisan Tentang Pola-Pola Umum Penyembuh Non Barat Dengan Memusatkan Perhatian Kepada Apa Yang Biasanya.
PERSAMAAN PENYEMBUHAN SAMAN DENGAN DOKTER
1.METODE SAMAN
A.Menyentuh Passien Pada Titik Dimana Rasa Sakit.
B.Meniup Bagian Yang Sakit
C.Menyedot Yang Kemasukan Benda –Benda.
D.Menyanyi.
2.METODE DOKTER.
A.Memeriksa.
B.Menekan Perut.
C.Realokasi Penyakit.
D.Memeriksamdarah.
3.ALAT YANG DIGUNAKAN .
-Saman ---Sederhana (Kayu,Batu Dll)
-Dokter-----Peralatan Medis Dam Penunjang Medis.
4.OBAT-OBATAN YANG DIGUNAKAN.
-Saman –Dari Ramuan Daun,Akar Dll)
-Dokter---Farmakope.
5. SISTEM RUJUKAN.
-Saman Tidak Ada Rujukan
-Dokter .Ada Sistem Rujukan.
CIRI-CIRI PERANAN DOKTER DAN PASIEN.
1. Terbatas ---------------Universal.
2.Permanen---------------Temporer.
3.Atasan -------------------Bawahan.
4.Sukarela---------------Non Sukarela.
CIRI-CIRI PEKERJAAN DOKTER.
1.Dilakukan Dalam Kamar Konsultasi Dan Tertuitup.
2.Memberikan Jasa.
3menangani Penyembuhan Diperlukan Keakrapan.
PELAYANAN KESEHATAN PROFESIONAL
1.Spesialisasi.
2.Seleksi Pwndidikan
3.Pemberian Sertifikat
4.Harapan Penyembuhan
5.Kepercayaan Terhadap Kekuatan
6.Sikap Publik.
DIBARAT DILAKUKAN DENGAN CARA
1.Secara Pribadi Pada Lembaga Profesi
2.Dilakukan Dimuka Umum Misalnya Di Pengadilan, Gereja, Ruang Kuliah,Dikantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar