Sabtu, 13 Maret 2010

LUNA MAYA

SISTEM MEDIS NON BARAT ;KEKUATAN DAN KELEMAHAN

1. Seberapa Jauh Terapi Yang Efektif Diberikan Oleh Teori-Teori Penyebabab Penyakit Non Barat.
2.Seberapa Baik Pengobatan Non Barat Meringanklan Rasa Sakit, Dan Mengembalikan Kesehatan Fisik Dan Mental.
PEMBUKTIAN KETIDAK MAMPUAN PENGOBATAN N0N BARAT.
1.Bagi Golongan Skeptis ,Sulapan, Oleh Saman,
.Tipuan Dari Menyedodt Batu Kristal Berdarah Oleh Saman
.Angka Mortalitas Dan Morbiditas Yang Tinggi
2.Bagi Golongan Pendukung.
Dari Ramuan Tumbuh-Tumbuhan Dari Obat-Obtan Primitif Terrhadap Farmakopea Barat .
DUKUNGAN ATAS PSIKOLOGISOSIAL
Atas Upacara Dalam Pengobatan Yang Diberikan Kepada Pasien Dan Warganya .Merupakan Bukti Menyumbang Pada Dunia Barat Dalam Memenuhi Kebutuhan Keperawatan.
WOTLD HEALTH ORGANIZATION(WHO)
Penyembuh Nkedalam Non Barat Dan Pengobatan Non Barat,Dimasukan Kedalam Rencana-Rencana Kesehatan Nasional.
Di Indonesia Dimasukan Dalam Sistem Kesehatan Nasional Pada Bagian Upaya Kesehatan Perorangan ( Ukp). Sk.Menteri Kesehatan Ri No;131/Menkes/Sk/Ii/2004,10 Pebruari 2004.
KESULITAN DALAM TOLAK UKUR.
1.Tidak Ada Kesatuan Universal Yang Disepakati Yang Harus Di Ukur.
2.Prasangka Serta Nharapan Pribadi Yang Dievaluasi Sangat Berbeda.
3.Tidak Ada Kesepakan Tentag Apa Yang Harus Di Nilai.
DI AMERIKA SERIKAT
1.Sistem Medis Relatif Terpisah Dari Hukum, Agama Dan Dari Masyarakat.
2.Sistem Medis Menaruh Perhatian Pada Teknik Diagnosis, Kemampuan Pengobatan, Imunisasi, Keterampilan Bedah, Dan Penanggulangan Penyakit Kronis.
Lebih Luas Lagi Menaruh Perhatian Berdasarkan Landasan Ilmiah Dan Pratek Medis ,Tentang Diet Yang Benar, Latihan Olah Raga, Bahya Obesitas, Dan Merokok.
Indikatoruntuk Nengukur Kemajuan; Umur Panjang, Angka Mortalitas Dan Morbiditas ,Angka Yang Selamat Dari Kanker Dan Bedah Jantung .Dokter Medis Tidak Lagi Merupakan Nasehat Keluarga Yang Dicintai.Gugatan Terhadap Malpratek .Semakian Banyak Yang Berpindah Ke Sistim Alternatif .Makanan Makanan Organik.Cara Melahirkan Secara Alamiah.
MASAYARAKAT NON BARAT.
1.Garis Pembatas Antara Pengobatan Disatu Pihak Dengan Religi ,Hukum, Masyarakat Kurang Jelas.
2,Religi Dan Pengobatan Atau Kepercayaan Tentang Etiologi Dan Pengawasan Sosial Dapat Terjalin Secara Rumit
MARETZKI(1973)
Apapun Yang Ditujukan Oleh Lebel Kesehatan ,Hal Itu Adalah Kondisi Komuniti Dan Sistem Sosial Sepertijuga Kondisi Individu Yang Merupakan Bagian Dari Padanya.
HALLOWELL.
Keberhasilan Pemecahan Konflik Dan Pemeliharaan Hubungan Sosial Yang Akrap Antara Para Anggota Dari Masyarakat Tentang Kepercayaan –Kepercayaan Etiologi Mereka.
Perbedaan Tersebut Antara Peranan Medis Baratdengan Nonbarat ,Bahwa Nukuran-Ukuran Dari Keberhasilan Merupakan Kemampuan Untuk Dapat Memuasakan Harapan Penduduk Yang Dilayani.
ALLAND (1970)
Sepesislis Medis Non Barat Umumnya Berpratek Dalam Kontek Sosial Yang Membuat Tuntutan Non Medis Kepada Mereka.
Mereka Adalah Para Hakim Sosial Dan Fungsionaris Keagamaan Yang Tugasnya Untuk Memulihkan Hubungan Antar Manusia Atau Manusia Dengan Supranatural.
ASPEK POSITIF DARI PENGOBATAN NON BARAT.
1.Sistem Medis Non Barat Dapat Dimasukan Katagori Pengobatan Pendukung Psikososial Dan Pengobatan Klinis Terutama Farmakopi Pribumi.
2.Efektifitas Pengobatan Non Barat Sering Menakjubkan.(Nyanyian Nonaho Dalam Upacara Penyembuhan Mempunyai Efek Psikoterapi Terhadap Pasien.).
3.Nilai Dari Terapi Yang Berorientasi Pada Komuniti Melewati Psikologi Murni.
4.Individu Yang Telah Melewati Anak-Anak Mempunyai Resisten Tambahan Terhadap Penyakit.
5.Usaha Penyembuhan Tradisional Yang Diakibtankan Stress Sangat Relevan.
ASPEK NEGATIF DARI PENGOBATAN NON BARAT.
1.Pranatamedis Non Barat Tidak Lagi Merupakan Suatu Cara Yang Cukup Untuk Mengembangkan Teori Atau Bantuan Pratis Dari Model Pengobatan Barat.
2.Stein :Mengatakan “Para Ahli Antropologi Sangat Bersifat Fobi Dalam Celaan Terhadap Pengobatan Barat.
3.Para Ahli Ramuan Primitif Membutuhkan Pengujian Yang Berabad-Abad .
4.Farmakope Non Barat Relatif Tidak Efektif Bila Dibandingkan Dengan Antibiotik Dan Abat Lain Yang Di Gunakan Oleh Dokter.
5.Tidak Semua Teknik Pengobatan Non Barat Mempunyai Nilai Positif.
6.Sejauh Yang Menyangkut Patologi Organik Sumbangan Saman Semakin Sedikit Yang Dilalukan Untuk Pasien.
7.Obat-Obatan Borat Sebagian Besar Lebih Baik Dibandingkan Obat-Obatan Non Barat,
PENGOBATAN NON BARAT BERBAGAI CONTOH DAN BAHAYANYA.
1.Carl Taylor , Mercuri Dan Berbagai Metal Berat Digunakan Untuk Pengobatan Ayurverda Adalah Sangat Berbahaya.
2.Leslie , Tentang Glukoma Yang Disebabkan Oleh Sejenis Candu (Poppy)Yang Dimasukan Kedalam Obat Tradisional Di India Dan Pakistan .
3. Diafrika, Adalah Tonik Sebagai Obat Yang Terbaik Untuk Anak-Anak Yang Kejang Digunakan Sebagai Untuk Pencegahan.
4.Maclean , (1971);Campuran Nikotin Untuk Pengpobatan Dapat Menekan Aktivitas Otak Dan Anak Dapat Menjadi Tidak Sadar.
5.Dari Peru, Untuk Penyakit Kuning ,Campurkan Bubukj Kentang Yang Beku Dengan 3(Tiga) Ekor Lintah Dan Air Seni Sapi Hitam ,Diminum Setiap Hari Selasa Dan Jum’at(Valdizan Dan Maldonado ;1922 )
5.Untuk Erisypelas,Potonglah Dada Seekor Ayam Jantan Dan Barutkan Darahnya Pada Bagian Tubuh Yang Terserang.
6.Untuk Penyakit Typus Dan Deman Typus, Belah Seekor Anjing Hitam Paqda Raha Garis Perut Dan Letakan Sisi Tubuh Anjing Hangat Yang Bergelimangan Darah Irtu Mdiatas Perut Pasien.
7.Orang Indian ‘;Korban Gigitan Anjing Harus Mandi Setiap Hari Minggu Dan Selasa.Disebuah Sunga Yang Jarak 1,5 Mil Dari Tempat Tinggal Pasien.
8. Dr.Georg Way Harley;Menemukan Penduduk Mona Di Amerika Pengobtan Pribumi Rasional Yakni Nsemprotan , Tempel, Penahan Fraktur,
KEKURANGAN PENGOBATAN KONTEMPORER AMERIKA
1.Kekurangan Perwatan Medis Mmasyarakat Miskis.
2.Masalah Hubungan Dokter Dengan Pasien .
3.Pengobatan Modern Sedemikian Dramatinsnya Kesembuhan Pasien Hanya Dengan Satu Sntikan Dan Segenggam Pil Saja.
4.Lupa Akan Sentuhan Psikologis.
5.Dokter Dan Perawat Tidak Menyadari Tentang Citra Masa Lalu Hubungan Pasien Dengan Dokter Akan Berpengaruh Terhadap Pengobatan.
6,Masih Adanya Penyalahgunaan Obat-Obat Keras Oleh Penyembu8h Tradisiuonal.
7.Kekurangan Sistem Tradisional Dikaitkan Dengan Pemhaman Fisiologi Dan Etiologi Penyakit.
8.Penggunaan Obat Anti Aborsi Dapat Mempengaruhi Nterjadinya Kanker Rahim.
9.Penggunaan Alat Kontrasepsi Dan Pil Yang Belum Diketahui Akibatnya,
10.Dokter Memandang Pasien Hanya Sebagai Obyek Yang Indah .
RUMAH SAKIT ;PANDANGAN DARI ILMU PERILAKU.
BEBERAPA CONYTRAS ANTARA BARAT DAN NON BARAT.
A, BARAT.
1.Sejumlah Penyakit Ditangani Di R S .
Pasien Dibawah Pengawasan Dokter ,Perawat Dan Personal Lainnya.Kelompok ,Handai Tolan Peranan Sedikit.
SAMPAI ABAD KE 20
Pasien Kaya Dirawat Dirumah .Dokter Dipanggil Kerumah Pasien . Adanya Revolusi Rs Terutama Dibidang Bedah. Tugas Tugas Diagnostik Dikerjakan Dalam Satu Atap Misalnya Lab,Sinar X,Dan Sumberlainya. Rs Merupakan Perwatan Medikal .Perawatan Kesehatan Kontenporer Di As
PENELITIAN YANG DILKASANAKAN .
1.Rumah Sakit ,Merupakan Perawatan Pertama Bagi Pratek Pengobatan.
2.Dokter,Pada Umumnya Menhabiskan Waktunya Dirs Mendatangi Pasien.
3.Dua Periga Perawat Bekwrja Rs Peranan Sebagai Mediator Antara Dokter Dengan Pasien.
RS SEBAGAI MASYARAKAT KECIL
Rs Berfungsi Sebagai Pranata Untuk Amal ,Sebagai Sutau Penampungan Dan Sebagai Tujuan Akhir Dari orang Miskin Yang Sakit Gawat .Rs Sebagai Rtempat Orang Dtng Untuk Mati. Pembantu Rs Tidak Terlatih. Jumlah Dokter Sedikit,Dokter Bekerja Pada Pemerintah Dan Keagamaan.
Perubahan Peranan R S
RS MENJADI PUSAT PERAWATAN KESEHATAN PERTAMA DI AS.
Untuk Berobat Pasien Berobat Jalan.Yang Dulunya Diterima Dipratek Dokter. Laboratorium ,Radiologi ,Terapi Fisik Dan Pelayanan Lainnya Dimanfaatkan Secara Luas Oleh Pasien Dan Diagnosis Pasien Berobat Jalan. Rs Bukan Yang Ditakutkan .

SISTEM MEDIS & ETNOMEDISIN & ETNOPSIKIATRI

SISTEM MEDIS

DUNN(1976)
Sistemn Medis Adalah Pola-Pola Dari Pranata Sosial Dan Tradisi –Tradisi Yang Menyangkut Perilaku Yang Sengaja Untuk Meningkatkan Kesehatan ,Meskipun Hasil Dari Tingkah Laku Khusus Tersebut Belum Tentu Kesehatan Yang Baik.
RUBIN 1960
Karena Keharusan Manusia Mau Tidak Mau Senantiasa Menaruh Perhatian Terhadap Masalah-Masalah Kesehatan Serta Usaha Mempertahankan Kelangsungan Hidup Dan Sejauh Batas Pengetahuannya ,Mencari Penyelesaian Masalah –Masalah Penyakit.
SECARA SINGKAT SISTEM MEDIS
Mencakup Semua Kepercayaan Tentang Usaha Meningkatkan Kesehatan Dan Tindakan Serta Pengetahuan Ilmiah Mapun Keterampilan Anggota-Aqnggota Kerlompok Yang Mendukung Sistem Tersebut.
TEORI PENYAKIT DAN SISTEM PERAWATAN KESEHATAN.
Di Amerika Serikat Sistem Medis Formal Dibagi Menjadi;
1.Sistem Pendidikan Medis.
2.Sistem Penelitian Medis.
3.Sistem Perawtan Kesehatan.
4.Sistem Kesehatan Masyarakt.
SISTEM TEORI PENYAKIT.
Kepertcayaan –Kepercayaan Mengenai Ciri –Ciri Sehat, Sebab-Sebab Sakit, Serta Pengobatan Dan Teknik-Teknik Penyembuhan Lain Yang Digunakan Oleh Dokter.
SISTEM PERAWATAN KESEHATAN
Suatu Pranata Sosial Yang Melibatakan Interaksi Antara Sejumlah Orang ,Sedikitnya Si Pasien Dan Penyembuh. Fungsi Nya Adalah Untuk Memobilitasi Sumberdaya Pasien Yakni Keluaraga Dan Masyarakatnya. Manfaat Perbedaan Sistem Teori Penyakit Dan Sistem Peraweatan Kesehatan Membantu Untuk Melihat Lebuh Jelas Kekuatan Dan Kelemahan Dari Keseluruhan Sistem Medus. Untuk Mengatasi Secara Secara Lebih Bijaksana ,Lebih Peka, Tantangan Dalm Memperkenalkan Perubahandalam Msdis.
BERMANFAAT UNTUK PENDIDIKAN DAN PENELITIAN.
Beberapa Unsur Universal Dalamn Sistem –Sistem Medis.
Sifat Universalberhubungan Dengan Peranan Dan Kewajiban ;Sedikitnya Ada Pasien Dan Penyembuh ,Difinisi Penyakit,Sikap Terhadap Sehat Dan Penyakit,Integrasi Kedokteran Dan Budaya Umum
1.SISTEM MEDIS BAGIAN INTERGRAL DARI KEBUDAYAAN.
Kepercayaan Terhadap Penyakit Sangat Terjalin Erat Dengan Magic,Religi.Sehingga Tdk Mungkin Memisahkan. Peranan Dukun Hubungan Dengan Pasien Dan Keluarganya.
Sistem Nedis Adalah Bagian Dari Kebudayaan Pada Tingkatan Yng Abstrakyangdalam Isi Nya Mencerminkan Pola-Pola Dan Nilai Yang Kurang Nampak.
PELLEGRIO (1963).
Kedokteran Adalah Suatu Indikator Yang Sangat Peka Dari Ciri-Ciri Kebudayaan Yang Dominan Dalam Tiap Era ,Karena Tingkah Laku Manusia Sebelum Adanya Ancaman –Ancaman Dan Kenyataan Sakit Perlu Berakar Dalam Konsepsi Yang Telah Dibangun Mengenai Dirinya Sendiri Dan Alam Semesta.
2.PENYAKIT DITENTUKAN OLEH KEBUDAYAAN.
Penyakit Dalam Padangan Budaya Adalah Pengakuan Sosial Bahwa Sesorang Itu Tidak Bisa Menjalankan Peran Normaln Ya Secara Wajar ,Dan Bahwa Harus Dilakukan Sesuatu Terhadap Situasi Tewrsebut.
3.SEMUA SISTEM MEDIS MEMIKI SEGI-SEGI PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN.
Pejabat Dapat Mewajibkan Atau Melarang Yang Berhubungan Dengan Kesehatan Misalnya Karantina, Wajib Imunisasi, Standart Air Bersih, Sanitasi,
Di Cina Pada Masa Purba Telah Berkembang Pranata Untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat.
SISTEM MEDIS MEMILIKI SEJUMLAH FUNGSI
Suatu Sistem Penyakit Memberikan Rasional Bagi Pengobatan. Suatu Sistem Teori Openyakit Menjelaskan “Mengapa” Suatau Teori Penyakit Serangkaian Menjalankan Peran Kuat Dalam Memberi Sanksi Dan Dorongan Norma –Norma Budaya Sosial Dan Moral.Suatau Sistem Teori Penyakit Dapat Memberikan Rasional Bagi Pelaksanaan –Pelaksanaan Konversi.Suatau Sistem Teori Penyakit Dapat Mengatasi Agresi. Peranan Nasionalistik Pengobatan Tradisional

ETNOMEDISIN

Etnomedisin ,Istilah Kontenporer Untuk Kelompok Pengethuan Luas Yang Berasal Dari Rasa Ingin Tahu Dan Metode-Metode Penelitian Yang Digunakan Untuk Menambah Pengetahuan Itu, Menarik Minat Ahli-Ahli Antropologi ,Baik Dari Alasan Teoritis Maupun Alasan Pratek.
MASALAH PERISTILAHAN
Erwin Ackerknecht, Seorang Dokter Ahli Etnologi Pada Tahun 1940 Berbucara “Pengobatan Primitif”.Yang Dilukiskan Sebagai Terutama Religius Magis Yang Memanfaatkan Beberapa Elemen Rasional (1971 ).
ETIOLOGI PENYAKIT.
1.SISTEM-SISTEM MEDIS PERSONOLISTIK.
Adalah Suatu Sistem Dimana Penyakit (Illness) Disebabkan Oleh Intervensi Dari Suatu Agen Yang Aktif ,Yang Berupa Mahluk Supranatural (Mahluk Gaib,Atau Dewa),Mahluk Yang Bukan Manusia (Hantu,Roh Leluhur, Atau Roh Jahat)Maupun Mahluk Manusia (Tukang Sihir /Tenung) Orang Sakit Adalah Korbannya.
2.SISTEM-SISTEM MEDIS NATURALISTIK.
Adalah Penyakit(Illness) Dijelaskan Dengan Istilah-Istilah Sistemik Yang Bukan Pribadi .
Sistem Naturalistik Mengakui Adanya Suatu Model Keseimbangan ,Sehat Terjadi Karena Unsur-Unsur Yang Tetap Didalam Tubuh Seperti Panas, Dingin,Cairan Tubuh (Humor Atau Dpsha)Yin Dan Yang ,Berada Dalam Keadaan Yang Seimbang Menurut Usia, Dan Kondisi Individu Dalam Lingkungan Alamiah Dan Lingkuan Sosial.
KONSEP KAUSALITAS DALAM SISTEM PERSONALISTIK.
GLICK(1967)
Penyakit Disebabkan Agen-Agen Yang Dengan Beberapa Cara Menjatuhkan Kekuatan Mereka Atas Diri Para Korban.
Agen-Agen Dapat Berupa Mahluk Manusia, Manusia Super, .
ALLAND (1970)
Agen-Agen Tersebut Dapat Melintasi Alam Natural Dan Supranatural Yaitu Tukang Tenung,
Mahluk Supranaturan Yaitu Hantu, Setan-Semak-Semak Dan Tukang Sihir Dan Dewa Semuanya Dapay Menyebabkan Penyakit.
DALAM SITEM NATURALISTIK.
Sehat Adalah Apabila Unsur-Unsur Dasar Dalam Tubuh Manusia “Humor”,Yin Dan Yang ,Serta Dhosa Dalam Ayuverda Berada Dalam Keadaan Seimbang Menurut Usia Dan Kondisi Individu.
SISTEM NATURALISTIK
Patologi Humorasl (Di Amerika Latin ) Berdasarkan Atas Konsep”Humor”(Cairan )Dalam Tubug Manusia Ditemukan Dalamteori Yunani Mengenai Empat Unsur (Tanah,Air,Udara,Api) Dikenal Sejak Abad Ke6 .S.M
HIPPOCRATES
Tubuh Manusia Mengandung Darah, Flegma, Empedu Kuining Dan Empedu Hitam .Unsur –Unsur Ini Yang Membentuk Tubu8h Nmanusia Mersa Sakit Atatu Sehat.
Penyakit Akan Timbul Pada Waktu Tertentu Pada Setiap Tahun.
Penyakit Akan Menonjol Pada Musim Yang Cocok Dengan Sifat-Sifatnya.
Penyakit Yangn Disebabkan Oleh Kelebihan Makanan Diobati Dengan Puasa..
Penyakit Kekurangan Makanan Disembuhkan Dengan Memberi Makanan .
Penyakit Akibat Kerja Keras Diobati Dengan Istirahat.
Dokter Harus Menanggulangi Pen Yakit Dengan Prinsip Oposisi Terhadap Penyebab Prenyakit, Sesuaqi Dengan Bentuknya, Pengaruh Musimnya, Dan Pengaruh Usianya, Menghadapi Ketegangan Dengan Kesantaiannya.Keseimbangan Berbeda-Beda Terlihat Pada Wajah. Kemerah-Merahan Wajah Sehat, Gembira, Optimis. Flegmatis ,Tenang Dapat Mengendalikan Diri, Lamban, Apatis. Masam,Cepat Marah, Bertemperamen Buruk .Murung Atau Melankoli , Depresi, Sedih, Melankolis.
PENYAKIT YANG DISEBABKAN PANAS
Diobati Dengan Ramuan Obat Yang Dingin.Dan Makanan Yang Dingin. Dilakukaqn Tindakan –Tindakan Yang Mendinginkan.
PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH DINGIN.
Diobati Dengan Ramuan Panas Dan Makanan Panas. Diberikan Tindakan Anti Panas . Pengobatan Pada Umumnya Campuran Mdari Unsur Dingin Dan Unsur Panas.
PATOLOGI HUMUROL KONSEP GALEN
Menyebar Kearah Timur Dan Barat Melalui Perluaqsan Perdapan Islam.Menurut Tulisan Tabib Kristen Hipocrates, Galen Dan Tabib Dari Arab Kususnya Utama Avicema Merupakan Otoritas Utama Dalam Teori Dan Pelaksanaan Medis.
PENGOBATAN AYURVEDA
Dalam Pengobatan Ayurveda Di India Pada Awal Abad Pertama .S.M.
Jelliffe (1957) Mengadakan Penelitian Bahwa Makanan Garam(Panas)Meliputi Telur,Daging,Susu,Dahl,Madu, Dan Gula.
Makanan Tonda(Dingin)Meliputi Sari Buah-Buahan,Yoghurt,Keju Asam, Nasi Dan Air.
TEORI AYURVEDA
Alam Semesta Terdidiri Empat Unsur Yakni Bumi,Air,Api, Udara) Ditambah Satu Unsur Yaitu Eter.
Tubuh Manusia Memiliki Tiga Humor Yang Disebut Dosha (Tridosha) Yakni Flegma Atau Cairan Lendir,Empedu Atau Cairan Pada Empedu, Angin Atau Gas Dalam Saluran Pencernaan.
SEHAT MENURUT TEORI AYURVEDA
Apabila Ketiga Dosha Tersebut Berada Dalam Keadaan Seimbang. Sakit Adalah Apabila Salah Satu Atau Lebh Dosha Tidak Berfungsi Sebagaimana Mustinya.(Leslie 1969 ).
PENGOBATAN TRADISIUONAL CINA .
Pengobatan Tradisional Cina Mewakili Kasus Tentang Konsep Sentral Dalam Kosmologi Cina.”Pasangan Kekuatan Ying Dan Yang ,Dimana Interaksi Yang Terus Menerus Berada Dibalik Seluruh Gejala Alam ,Terbentuk Dan Berfungsi Tubuh Manusia (Croizier 1968 ).
UNSUR YANG MEWAKILI.
Langit,Matahari, Api,Panas,Kering,Cahaya,Prinsip Kelaki-Lakian,Bagian Luar, Sebelah Kanan,Hidup,Tinggi, Keagungan, Baik,Indah, Kebajikan,Aturan,Kebahagiaan,Kekayaan,Dengan Kata Lain Segala Unsur Yang Positif .
UNSUR YIN MEWAKILI
Bumi,Bulan,Air,Dingin,Kelembaban,Kegelapan,Prinsip Kewanitaan,Bagian Dalam,Sebelah Kiri,Kematian ,Rendah,Tidak Agung,Jahat,Buruk,Keculasan,Kekacauan,Dan Kemiskinan Singkatnya Yang Bersifat Negatif.
TEORI EMOSIONAL DALAM TEORI PENYEBAB
Pengalaman Emosional Seperti Iri, Takut, Sedih, Malu Dapat Mengakibatkan Penyakit.
Dokter Menjelaskan Tangisan , Rengekan Dan Apati Merupakan Gejala Kekurangan Protein Waktumsianak Sisapih.
HUBUNGAN SEBAB AKIBAT.
Etiologi Etiologi Komprehensip Dan Terbatas.
Penyakit Relegi Dan Magi.
Tingkastan Tingkatan Penyebab Penyakit.
Shaman Dan Pengobatannya.
DIAGNOSIS.
Pengobatan Rakyat Amerika.
1.Pengobatan Rakyat Ero-Amerika.
2.Pengobatan Kulit Hitam.
3.Pengobatan Rakyat Amerika Spanyol.
PENGOBATAN RAKYAT ERO –AMERIKA
Membutuhkan Pertolongan Medis, Dapat Juga Berpaling Pada Pengobatan “Sekte” Yaitu Import Dari Jerman Yaituy Homeopathy Atau Apotek Hidup .
PENGOBATAN RAKYAT KULIT HITAM
Pengobatan Tradisional Merupakan Pengobatan Rakyat Resmi Yang Merupakan Tradisi Lisan.
Kepercayaan Terhadap Spranatural ,Magi. Sihir Mempunyuai Peranan Yang Penting.
PENGOBATAN RAKYAT AMERIKA DIPANDANG SEBAGAI ETNOMEDISIN.
Kepercayaan –Kepercayaan Dan Pratek Pengobatan Dimasa Lalu Mengarah Kepada Korelasi Tentang Sistem Medis Non Barat.

ETNOPSIKIATRI

AWAL DARI ETNOPSIKIATRI.
Ahli Antropologi Perhatian Terhadap Penyakit Mental Sangat Jauh Dari Bidang Etnomedisin.
Perhatian Ditujukan Untuk Mengujui Hepotesis Freud ;Untuk Menentukan Apakah Oedipus Komplek Itu Bersifat Universal .,Apakah Fase-Fase Perkembangan Oral, Anal, Genital, Dan Laten Dalam Kehidupan Individu Bersifat Universal Atau Khusus. Di Amerika Pada Tahun 1920 “Malinowski”Yang Menguji Hipotesa Yang Pertama Kali. Yang Dinamakan Aliran Kebudayaan Dan Kepribadian. Tahun 1930 ,Mkargaret Mead, Edward Sapir. 1936-1940,Psiater Abraham Kardibois,Ralp Linton Ruth Benedict Mengajukan Seminar Tentang Kebudayaan Dan Kepribadian.
PERTANYAAN YANG DITANGANI OLEH AHLI ANTROPOLOGI
1.Definisi Tentang Budaya “Normal Dan Ab Normal”
2.Penjelasan Non Barat Tentang Penyakit Jiwa.
3.Cara-Cara Dari Segi Budaya Untuk Menangani Tingkah Laku Yang Menyimpang .
4.Terjadinya Penyakit Jiwa Dalam Masyarakat.
5,Demografi Penyakit Jiwa.
ETIOLOGI PENYAKIT JIWA NON BARAT .
1.Kesurupan Oleh Hantu,Roh,Atau Dewa.
2.Hukuman Karena Melanggar Tabu Atau Ilmu Sihir.
3.Kekuatan Kosmik, Kerusakan Fisik, (Pukulan Pada Kepala,Kehilangan Darah).
4hukuman Oleh Kekuatan Supranatural.
CARA BUDAYA MENANGANI PENYAKIT JIWA.
1.Dengan Pengobatan Shaman, Biasanya Dalam Keadaan Kesurupan ,Berhubungan Dengan Roh Untuk Mendiagnose Penyakit.
2.Perwatan Trerhadap Sakit Jiwa.
A.Diberi Sebagai Warga Masyarakat ,Untuk Memjalankan Fungsinya Di Masyarakat..
B.Diberi Kebebasan Gerak
C.Dipelihara Dirumah.
D.Dikubur Hidup-Hidup Jika Kesurupan Roh Jahat.
E,Memberi Nmramuan Tumbuh-Tumbuhan.
PERBANDINGAN TIMBULMYA PENYAKIT JIWA DALAM MASYARAKAT BERBEDA.
1.MITOS EKSISTENSI PRIMITIF YANG BEBAS STRES.
Dunia Yang Penuh Penuh Dengan Dewa-Dewa, Hantu Pembalas Dendam, Tukang Sihir Dan Tukang Tenung,Tetangga Yang Marah Dan Iri Hati Dapat Menimbulkan Stres.
2,VARIASI DALAM POLA-POLA POKOK TINGKAH LAKU ABNORMAL.
Dalam Penelitian Terdapat Gejala Primer Dan Sekundair.Stres Timbulbnya Depresi ,Sekundair Dilihat Dari Invidu Terhadap Penyakit.
PENYAKIT JIWA DAN PERUBAHAN
1.Depresi Muncul Lebih Menyolok Dikalangan Masyarakt Yang Mengalami Transisi ,Dibandingkan Dengan Masyarakt Yang Mapan
2,Sindroma Sempurna Adalah Penggantian Yang Dipaksakan.
3.David Looff .,Menjelaskan Hubungan Antara Penyakirt Jiwa Dengan Pratek Sosialisasi .Misalnya Sistem Keluarga Yang Tertutup Dan Terikat Tradisi Membentuk Patologi Thd.Anak Sehungga Menjadi Menjadi Takut Apa Saja Yang Asing .
GANGGUAN - GANGGUAN BUDAYA KHUSUS
1.Histeria Kutub Atau Arctic Hysteria(Dikenal Sebagai Pibloktoq Oleh Orang Eksimo,).
2.Windigo(Suatu Obseikanibalistik Dikalangan Masayarakat Indian Di Amerika Utara Bagian Timur Laut).
3.Running Amok (Pembunuhan Yang Membabi Buta Diantara Kamun Laki-Laki Malasya)
4.Latah (Suatu Reaksi Histeria Yang Bersifat Meniru ).
5.Koro (Kekuatan Terhadap Akan Mengkewrutnya Penis Dikalangan Orang Laki-Laki Cina )
6.Susto (Suatu Kondisi Nkecemasan Depresi Yang Dilukiskan Dibanyak Daerah Di Amerika Latin).
7,Bilis (Penyakit Daerah Yaitu Mganggiuan Dalam Hati)
8.Malgri (Sindroma Khawatir Yang Membuat Orang Tidak Berdaya Yang Ditandai Oleh Kantuk Dan Sakit Perut ).
SHAMAN,DUKUN SIHIR,DAN PENYEMBUH-PENYEMBUH LAIN
Wawan Cara Pengobatan,Adalahsifat Medical Antropology Yang Lintas Budaya Untuk Memberikan Lukisan Tentang Pola-Pola Umum Penyembuh Non Barat Dengan Memusatkan Perhatian Kepada Apa Yang Biasanya.
PERSAMAAN PENYEMBUHAN SAMAN DENGAN DOKTER
1.METODE SAMAN
A.Menyentuh Passien Pada Titik Dimana Rasa Sakit.
B.Meniup Bagian Yang Sakit
C.Menyedot Yang Kemasukan Benda –Benda.
D.Menyanyi.
2.METODE DOKTER.
A.Memeriksa.
B.Menekan Perut.
C.Realokasi Penyakit.
D.Memeriksamdarah.
3.ALAT YANG DIGUNAKAN .
-Saman ---Sederhana (Kayu,Batu Dll)
-Dokter-----Peralatan Medis Dam Penunjang Medis.
4.OBAT-OBATAN YANG DIGUNAKAN.
-Saman –Dari Ramuan Daun,Akar Dll)
-Dokter---Farmakope.
5. SISTEM RUJUKAN.
-Saman Tidak Ada Rujukan
-Dokter .Ada Sistem Rujukan.
CIRI-CIRI PERANAN DOKTER DAN PASIEN.
1. Terbatas ---------------Universal.
2.Permanen---------------Temporer.
3.Atasan -------------------Bawahan.
4.Sukarela---------------Non Sukarela.
CIRI-CIRI PEKERJAAN DOKTER.
1.Dilakukan Dalam Kamar Konsultasi Dan Tertuitup.
2.Memberikan Jasa.
3menangani Penyembuhan Diperlukan Keakrapan.
PELAYANAN KESEHATAN PROFESIONAL
1.Spesialisasi.
2.Seleksi Pwndidikan
3.Pemberian Sertifikat
4.Harapan Penyembuhan
5.Kepercayaan Terhadap Kekuatan
6.Sikap Publik.
DIBARAT DILAKUKAN DENGAN CARA
1.Secara Pribadi Pada Lembaga Profesi
2.Dilakukan Dimuka Umum Misalnya Di Pengadilan, Gereja, Ruang Kuliah,Dikantor.

ANTROPOLOGI KESEHATAN DAN EKOLOGI

EKOSISTEM DAN SOSIAL BUDAYA.
M.Bates Th.1953 .Menyebutkan Bahwa Masalah –Masalah Kesehatan Lingkungan Sosial Budaya Yang Paling Baik Dipelajari.Sebagi Pandangan Ekologis.Merupakan Pendekatan Fundamental Perhatiannya Pada “Sistemnya “
SISTEM MENURUT KAMUS WEBSTER EDISI KEDUA.
Adalah Agresi/Pengelompokan Obyek-Obyek Yang Dipersatukan Oleh Beberapa Bentuk Interaksi Yang Tetap Atau Saling Tergantung.
Ekosistem Adalah Suatu Interaksi Antara Kelompok Tanaman Dan Satwa Dengan Lingkungan Non Hidup (Hardesty ;1977.)
GEERTZ (1963)
Lingkungan Atau Habitat Dapat Berbeda Ukurannya ,Kompleksitasnya Dan Jangka Waktunya, Mulai Dari Setetes Kolam Air Dengan Mikroorganisme Samapai Pada Seluruh Bumi Dengan Kehidupan Tanamanb Dan Satwa.
EKOSISTEM YANG DIPELAJARI OLEH AHLI EKOLOGI;
1.Gurun Kalahari Dengan Kehidupan Tumbuh-Tumbuhan ,Satwa Dan Manusianya.
2.Tundra Kutub Selatan.
3.Hutan Tropois Amazon
4.Padang Rumput
5.Suatau Kolam Air Pasang .
PERHATIAN EKOLOGIS DARI PARA AHLI ANTROPOLOGI KESEHATAN.
ISTILAH YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN EKOLOGI
1.Ekologi Manusia .
2.Ekologi Medis.
3.Ekologi Sosial;
4.Ekologi Penyakit.
5.Epidemiologi.
6.Epideologi Sosial
PARA AHLI ANTROPOLOGI KESEHATAN BERORIENTASI PADA EKOLOGI.
PERHATIANNYA PADA HUBUNGAN
1.Timbal Balik Antara Manusia Dan Lingkungan Alam,
2.Tingkah Lakunya .
3.Penyakit-Penyakitnya.
4. Cara-Cara Tingkah Laku Dan Penyakit Mempengaruhi Evolusi Dan Kebudayaan Melalui Proses Timbal Balik.
STUDY EKOLOGI
Penyakit Sebagai Unsur Dalam Lingkungan Manusia.Contoh Kecepatan Reproduksi Sel Sabit Dalam Tubuh Manusia (Manusia Mempunyai Imunitas Terhadap Malaria ). Penyakit Memerankan Evolusi Kebudayaan Misalny A Dalam Budya Berupa “Bidadar-Bidadari Kecil”Anak-Anak Kecil Dan Katolik Menggal Dunia Langsung Masuk Surga ,Pada Pemakamanya Ditandai Oleh Musyik,Nutrisi Sebagai Ciri Lingkungan Budaya Misalnya Pria Makan Lebih Dahulu Dan Menerima Lebih Banyak Protein Daripada Wanita Dan Anak-Anak .Cara Bayi Diberi Makan Juga Sebagai Pengaruh Budaya.
PALEOPATOLOGI
Penyakit Manusia Purba Pada Umumnya Kerusakan Pada Tulang.Contohnya.
1.Akibat Sipilis.
2.Tubercolosis.
3.Frambusia.
4.Osteomilitis. 5.Poliomiolitis.
6.Kusta.
7.Reumatik.
8.Caries Gigi
COCKBURN(1971)
Penelitian Penyakit Manusia Purba Dengan Kotoran Manusia(Coprolite).
Coprolit Memberikan Informasi Jenis Makanan Manusia Purba.Terutama Jenis Biji-Bijian.
Pada Lukisan Patung ,Kayu, Pada Batu Gerabah
MENURUT PENELITIAN BLACK (1975)
Penyakit Pada Zaman Modern Tidak Terdapat Pada Manusia Purba. Penyakit Campak ,Rubella,Cacar,Gondong,Kolera,Cacar Air Tidak Terdapat Pada Manusia Purba. Data Demografi Dari Poster Di Meksiko. Rata Kelahiran Efektif Adalah Satu Anak Setiap 2 Tahun, Bagi Wus.Angka Kelahiran Kasar Setinggi 50 Permil Sejak Th.1950.Sejak Tahun 1940 Pertambahan Penduduk Sangat Bearti Karena Adanya Vaksinasi Cacar Air Dan Imunisasi Lainya.Pengadaan Air Bersih, Obat-Obtan Antibiotik Serta Tindakan Preventif Dan Kuratif.
PENYAKIT DAN EVOLUSI
Penyakit –Penyakit Inpeksi Merupakan Faktor Penting Dalam Evulusi Manusiua.Contoh Di Amerika Barat Banyak Orang Yang Resisten Terhadap Malaria,Karena Didalam Darahnya Terdapat Sel-Sabit.
Dilingkungan Lain Ciri Sel Sabit Tidak Mererupkan Ancaman Malah Merupakan Karateristik ,Didaerah Malaria Memberikan Proteksi Terhadap Gigitan Nyamuak Anopheles.
MAKANAN DAN EVOLUSI
Makanan Merupakan Karateristik Lingkungan Yang Mempengaruhi Evolusi.
Stini ;Mendeskripsikan Tentang Beberapa Aspek Tentang Makanan Yang Mempengaruhi Ukuran Tubuh .
Stini ;Bahwa Manusia Baru Mencapai Tinggi Maksimal Setelah Berumur 26 Tahun.(Stini;L971).
Hubungan Antara Nutrisi Dengan Kemampuan Manusia Beradaptasi Adalah Komsumsi Susu Oleh Manusia Dewasa.
Laktosa (Gula Susu) Adalah Satu-Satunya Karbohidrat Yang Paling Berarti Dan Unsus Utama Dalam Susu.
EPIDEMIOLOLGI
Epidemiologi Berkenaan Dengan Distribusi Dalam Tempat Dan Prevalensi Atau Terjadinya Penyakit ,Sebagaimana Dipengaruhi Oleh Lingkngan Serta Oleh Tingkah Laku Manusia
VARIABEL YANG DIGUNAKAN ;
1.Perbedaan Umur,Jenis Kelamin,
2.Status Perkawinan.
3.Pekerjaan.
4.Hub Suku Bngsa Dankelas Sosial.
5,Tingkah Laku Individu
6. Lingkungan Alami.
TUJUAN EPIDEMIOLOGI.
1.Meningkatkan Derajat Kesehatan.
2.Mengurang Timbulnya Ancaman Kesehatan.
Contoh Penyakit Gondok Kekurang Zat Yodium Dalam Makanan Diatas Dengan Adanya Komsumsi Garam Beryodium.
Para Ahli Antropologi Kesehatan Menaruh Nperhatian Terhadap” Epediologi Pembangunan “.Yakni Konsekkuwensi Kesehatan Yang Seringa Mengganggu –Terhadap Proyek Pembangunan Teknologi,Misal Penyakit “Buta Sungai” Akibat Pembangunan Danau-Danau Dan Penyebaran Penyakit :”Schistomiasis ““Sebagai Akibat Dari Penyebaran Irigasi.
MISTERI KURU.
Pada Tahun 1950 Ditemukan Penyakit Baru Dinamakan Penyakit Kuru. Yang Menyerang Kaum Wanita Dan Anak –Anak Penduduk Fore Selatan Didataran Tinggi Papua Nugini Timur.Penyebabnya Kanibalisme ,Kalau Ada Wanita Yang Mati ,Otaknya Dimakan. Didalam Otak Terdapat Virus. Mietri Dari Mana Asal Virus Dan Bagaimana Virus Bersembunyi.
EKOLOGI PEMBANGUNAN .
Melalui Pembangunan ;
1.Pemanfaatan Rasional Atas Sdmdan Fisik Diperoleh.
2.Kemiskinan Dapat Diberantas.
3,Pendidikan Menjadi Universal.
4.Penyakit Dapat Diatasi.
5.Standart Kehidupan Dapat Di.Terima
KONSEP PEMBANGUNAN
Mencakup Intervensi Teknologi Manusia Dan Keseimbangan Alam. Du Bos;Semua Inovasi Teknologi Yang Berhubungan Dengan Pratek Industri,Pertanian, Kedokteran ,Akan Mengganggu Alam . Pembangan Sukses Dapat Menyebabkan Penyakit Tertentu,Masalah Kesehatan,Dll.
PENYAKIT-PENYAKIT PEMBANGUNAN
Pembangunan Lembah Sungai.
1.Di Afrika Dan Amerika Selatan Dan Di Asia Timur ,Penyakit Biharziasis Disebabkan Oleh Salah Satu Spesies Cacing Pita Dari Genus Schistosoma,Yang Ditularkan Lewat Vektor Siput.
2.Penyakit Ochoncerciasis( Buta Sungai) Yang Disebabkan Vektor Lalat.
Kebutaan Dapat Dicegah Dengan Cara Di Opoerasi.
PEMBUDIDAYAAN TANAH
Dapat Membahayakan,Kesehatan,Contohmenurut Miler,Pertanian Sistematis Didaerahpesisir Karibia Merupakan Kondisi Ideal Pengembangbiakan Nyamuk Anopheles Yang Menularkan Penyakit Malaria.
PEMBANGUNAN JALAN RAYA.
Penyakit Yang Timbul Adalah Trypanosomiasis (Pentakit Tidur)Yang Terbesar Di Afrika Yang Ditularkan Melalui Lalat Tsetse Juga Menularai Satwa Domestik Dan Satwa Liar. Hubungan Manusia Dengan Vektor Yang Biawa Oleh Serangga.
URBANISASI
Penyakit Yang Sering Terjadiadalah.
1.Desentri Merupkan Penyakit Endemik.
2.Tuberkulosis
3.Kekurangan Gizi.Dll
PROGRAM –PROGRAM KESEHATAN MASYARAKAT.
Seperti Yang Kita Lihat Bertentangn Misalnya.
1.Sanitasi Lingkungan Dan Program Lainnya Mengawasi Penyakit, Akan Tetapi Akan Bergeser Dari Penyakit Yang Satu Kepenyakit Yang Lain.
2. Di Malaisya Penyemprotan Rumah Membunuh Vektor Malariatapi Nyamuk Anopheles Menggigit Manusia Tanpa Si8nggah Didinding
Di Iran Pembuangan Kotoran Manusia Akan Menimbulkan Lalat,Akan Tetapi Iklim Yang Kering Cepat Mengeringkan Kotoran.Trachoma Dapat Mengakibatkan Kebutaan Dan Dicegah Dengan Sanitasi Lingkungan Dan Air Bersih.

BIDANG BARU ANTOPOLOGI KESEHATAN

YUSIKO NPM. 095141020
UMITRA LAMPUNG

Sejak Berakhirnya Perang Dunia Ii.Ahli Antropologi Sosial Budaya Dan Biologi ;Perhatianya Pada Studi Lintas Budaya Dan Sistem Keshatan.
Ahli A Ntropologi Minat Bekerja Di Fakultas Kedokteran, Sekolah Perawat Kesehatan,Dan R.S,Departemen Kesehatan Dan Jurusan Antropologi Di Universitas.
Ahli Antropologi Melakukan Penelitiandalam Topik Manusia,Anatoni, Pediarti, Epidemiologi,Kesehatan Jiwa,Penyalahgunaan Obat,Difinisi Sehat Dan Penyakit,Latihan Petugas Kesehatan,Birokrasi Medis,Pengaturan Dan Pelaksanaan R.S,Hub.Dokter-Pasien,Memperkenalkan Sistem Kesehatan Ilmiah Yang Sistem Kes.Tradisional.
Ahli Antrologi Tersbut Dinamakan Ahli Antropologi Kesehatan.
SUMBER-SUMBER DAN LINGKUNGAN.
Kutub Biologi Pokok Perhatiannya Adalah Tentang Pertumbuhan Dan Perkemnbangan Manusia,Peranan Penyakit Dalam Evolusi Manusia Dan Paleopatologi(Studi Mengenai Penyakit-Penyakit Purba.
Kutub Sosial Budaya Pokok Perhatiannya Pada Sistem Medis Tradisional(Etnomedisin).
SEJARAH ANTROPOLOGI KESEHATAN.
Surveibesar Pertama Tentnang Timbulnya Ilmu Antropologi Terdapat Pada Tulisan Tahun 1953 Yang Berjudul``Applied Antropology In Medicine``Awal Tidak Menimbulkan Suatu Sub Disiplin Baru.
Tahun 1963 Scotch Memeberi Judul``Antropologi Kesehatan``Suatu Artikel Besar Dan Paul Membicarakan Antropologi Kesehatan Dalam Suatu Aretikel Kedokteran Dan Kesehatan Masyarakat,Baru Ahli Ahli Antropologi Mengharagai Implikasi Dari Penelitian Tentang Ke4sehatan Dan Penyakitbagi Ilmu Antropologi.
Pengesahan Lebih Lanjut Atas Sub Disipli Baru Adalah Munculnya ``Medical Behabioralscience(Pearsall.1963)``
Pada Tahun Yang Sama Yang Berorientasipada Ilmu Antropologi ;Sejumlah 3.000.Judul .Pentingnya Sistem Medis Bagi Antropologi.

ANTROPOLOGI KESEHATAN

YUSIKO NPM. 095141020
UMITRA LAMPUNG

ANTROPOLOGI KESEHATAN
Hasan Dan Prasad ,Antropologi Kesehatan Adalah Cabang Dari Ilmu Mengenai Manusia,Yang Mempelajari Aspek-Aspek Biologist Dan Kebudayaan Manusia Dari Titik Tolak Untuk Memaham Kedokteran ,Sejarah Kedokteran ,Hukum Kedokteran,Dan Masalah Kesehatan Manusia .
Hochstrasser,Adalah Biobudaya Manusia Dan Karya-Karyanya Yang Berhubungan Dengan Keseshatan Dan Pengobatan.
Lieban ; Antropologi Kesehatan Mencakup Studi Fenomena Medis.
FABREGA ,ANTROPOLOGI SEBAGAI SESUATU YANG :
A.Menjelaskan Berbgai Faktor Mekanisme Dan Proses Mempengaruhi Individu Dan Kelompok Terhadap Sakit Dan Penyakit.
B.Mempelajari Masalah-Masalah Terhadap Pola Tingkah Laku..
ANTROPOLOGI KESEHATAN ADALAH ISTILAH YANG DIGUNAKAN OLEH AHLI-AHLI ANTOPOLOGI UNTUK MENDISKRIPSIKAN :
1.Hubungaqn Timbal Balik Antara Manusia Dimasa Lalu Dan Kini Dengan Derajat Kesehatan Danpenyakit.
2.Partisipasi Profesional Yang Bertujuan Memperbaiki Derajat Kesehatan Melalui Pemahaman Hubungan Bio Budaya Dengan Kesehatan .
AKAR ANTROPOLOGI KESEHATAN.
1.Perhatian ahli antropologi pisik terhadap topik seperti evolusi, adaptasi,anatomi komparatif,type-type ras,genetik dan serologis.
2.Perhatian trerhadap etnografi tradisionalterhadap pengobatan primitif termaqsuk ilmu sihir dan mage.
3.Gerakan kebudayaan dan kepribadian merupoakan kerjasama ahli psiatri dengan antropologi.
4.Gerakan kesehatran masyarakat internasional.
1.ANTROPOLOGI FISIK.
Ahli Antropologi Fisik Adalah Ahli Kesehatan(Dokter).
Hasan Dan Prasad (L959)Menyusun Study Tentang Nutrisi Dan Pertumbuhan Serta Korelasi Antara Bentuk Tubuh Dengan Penyakit Misalnya ,Tukak Lambung,Berbagai Pertumbuhan Manusia,Perkembangan Bersifat Medis,Dan Antropologi
Underwood ;Pengertian Penyakit Terhadap Evolusi Manusia,Jenis Penyakit Akibat Budaya.Fines ;Penyakit Ditemukan Pada Populasi Manusia Sebagai Akibat Cara Hidupnya.Pencegahan Penyakit;Ditemukan Kelompok Penduduk Yang Mempunyai Resiko Tinggi Yakni Orang Yang Tubu8hnya Mengandung Sel Sabit Dan Pembawa Penyakit Kuning.Penciptaan Pakaian Dan Peralatanuntuk Daerah Kutub Dan Tropis
2.ETNOMEDISIN
Adalah Kepercayaan Dan Pratek Berkenaan Dengan Penyakit Yang Merupakan Hasil Dari Perkembangan Kebudayaan Asli Dan Eksplisit Tidak Berasal Dari Kedokteran.
Whr Rivers(1942)Ahli Antropologi Inggris ,Sistem Pengobatan Asli Adalah Rasional Bila Dilhat Dari Sudut Kepercayaan Yang Berlaku Sebagai Sebab Akibat.
3.STUDY-STUDYTENTANG KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN.
Para Mahli Antropologi Dan Ilmu Tingkah Laku Mempelajari Kepribadian,Kartu Test Tinta Rorsehaeh Dan Theomatie Test Dapat Memberi Kunci Jawabab Setiap Pertanyaan.
Ahli Antropologi Memfokuskan Pengethuan Antropologi Dalam Peningkatan Kesehatan
4.KESEHATAN MASYARAKAT INTERNASIONAL
Program Kesehatan Masyarakat Utama Bersifat Bilateral Dan Multilateral.Petugas Kesehatan Bekerja Lintas Budaya.Penyakit Bukan Merupakan Gejala Biologis Melainkan Gejala Sosial Budaya.
Kebutuhan Kesehatan Dinegara Berkembang Tidak Dapat Dipenuhi Dengan Sekedar Memindahkan Pelayanan Kesehatan Dari Negara Industri.
Dimensi Teoritis Dan Terapan.
Perekembangan Perhatian Ahli Antropologi Terhadap Masalah-Masalah Kesehatan Dan Penyakit Bermotif Teoritis Dan Pratek Pengobatan .
Penelitian Dalam Antropologi Biomedikal Berorientasi Teoritis.Antropologi Kesehatan Sebagai Ilmu Terapan..Tujuan Antropologi Kesehatan Dalah Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Dan Pemahaman Terhadap Komponen Tingkah Laku Sehubungan Timbulnya Penyakit.
Menurut Stan Perbedaan Terhadap Teoritis Dan Terpan Adalah Terutama Bersifat Analistik Adalah Suatu Cara Memandang Berbagai Aspek Penelitian .
Pada Tahun 1942 Amerika Serikatn Meprakasai Kerjasama Program Kesehatan .Setelah Perang Dunia Terbentuk Who.

makalah gizi (protein)

YUSIKO NPM. 095141020
UMITRA LAMPUNG

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang.
Masalah gizi masih cukup rawan dibeberapa wilayah Indonesia, terutama di wilayah pemukiman kumuh daerah perkotaan, wilayah yang sering dilanda musim kering (NTB dan NTT). Dimana kondisi masyarakat tersebut banyak yang kekurangan gizi, banyak balita yang terkena gizi buruk. Gizi buruk / gizi kurang sering terjadi karena makanan yang tidak seimbang, terutama dalam hal protein.
Protein sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak-anak, dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Dan juga kelebihan protein juga akan menimbulkan penyakit, seperti obesitas. Sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti kwasiorkor, marasmus, dan obesitas.
Oleh karena itu, selain untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah “dasar-dasar ilmu gizi” ini, penulis mengangkat judul tentang Protein, karena protein merupakan zat paling penting yang harus ada dalam tubuh manusia. Tapi masuh banyak juga kasus kekurangan energi protein (KEP). Disini penulis tertarik untuk lebih mendalami tentang protein.
2. Tujuan
a. Tujuan Umum.
Agar mahasiswa dan pembaca mengerti tentang pentingnya protein untuk tubuh kita.
b. Tujuan Khusus.
 Mengemukakan permasalahan tentang protein
 Menjabarkan kadar dan fungsi protein bagi manusia
 Memberitahu kepada mahasiswa sumber protein
 Menjelaskan akibat dan kekurangan protein
 Dll
BAB II
TINJAUAN TEORITIS
1. Pengertian
Istilah protein berasal dari bahasa yunani proteos , yang berarti yang utama atau yang di dahulukan. Kata ini di perkenal kan oleh ahli kimia belanda, gerardus mulder (1802-1880). Ia berpendapat bahwa protein adalah zat yang paling penting dalam setiap organisme.
Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Seperlima bagian tubuh adalah protein separohnya ada didalam otot, seperlima dalam tulang dan tulang rawan, spersepuluh dalam kilit dan selebihnya dalam jaringan lain dan cairan tubuh. Semua enzim, berbagai hormon pengengkut zat-zat gizi dan darah. Disamping itu asam amino yang membentuk protein bertindak sebagai prekursor, sebagian besar koenzim, hormon, asam nukleat, dan molekul-molekuk esensial untuk kehidupan.
Protein mempunyai fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat kimia lain, yaitu membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh.
2. Klasifikasi Protein.
Protein terdapat dalam bentuk serabut (fibrous), globular, dan kunjngsi.
a. Porotein dalam bentuk serabut.
Terdiri atas beberapa rantai peptida berbentuk spiral dan terjalin satu sama lain, sehingga menyerupai batany yang kaku.
Karakteristiknya :
- Rendah daya larutnya.
- Mempnayi kekuatan mekanis yang tinggi.
- Tahan terhadap enzim pencernaan.
Contoh protein serabut :
Kolagen, elastin, keratin, miosin.
b. Protein globular.
Karakteristiknya :
- Berbentuk bola.
- Larut dalam larutan garam dan asam encer.
- Mudah berubah dalam pengaruh suhu.
- Konsentrasi garam mudah mengalami denaturasi.
Contoh :
Albumin, globumin, histon, protamin.
c. Protein konjungsi.
Merupakan protein sederhana yang terikat dengan bahan-bahan non asam amino (gugus prostetik).
Contoh :
Nukleoprotein, lipoprotein, fosfoprotein, metaloprotein.
Jenis-jenis protein :
a. Berdasarkan Komponen.
1. Protein Bersahaja.
Merupakan campuran yang terdiri atas asam mino.
2. Protein Kompleks.
Selain terdiri atas asam amino juga terdapat komponen lain (unsur logam, gugus posfat, dll).
3. Protein.
Merupakan ikatan antara intermediet produk sebagai hasil hidrolisa parsial dari protein native.
b. Berdasarkan Sumber.
1. Protein Hewani.
Berasal dari binatang, contoh : daging, susu, dll.
2. Protein Nabati.
Berasal dari tumbuhan, contoh : jagung.
Klasifikasi protein dapat pula dilakukan berdasarkan fungsi fisiologiknya, berhubungan dengan adanya dukunagn bagi prtumbuhan badan dan bagi pemeliharan jeringan :
a. Protein sempurna.
b. Protein setengah sempurna.
c. Protein tidak sempurna.
3. Komposisi Kimia Protein.
Protein adalah molekul makro yang mempunyai berat molekul antara lima ribu hingga beberapa juta. Protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino, yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptida. Molekul protein lebih kompleks dari pada karbohidrat dan lemak dalam hal berat molekul dan kanekaragaman unit-unit asam amino yang membentuknya.
Asam amino terdiri atas atom karbon yang terikat pada satu gugus karboksil (-COOH), satu gugus amino (-NH2), satu atom hidrogen (-H) dan satu gugus radikal (-R) atau rantai cabang, sebagaimana tampak pada gambar berikut :
Pada umumnya asam amino yang diisolasi dari protein hididroksilat alfa-asam amino, yaitu guguskarboksil dan amino terikat pada atom karbon yang sama. Yang membedakan asam amino satu sama lain adalah rantai cabang atau gugus –R nya.
4. Fungsi, Guna, dan Sumber Protein.
Disini dapat kita lihat fungsi protein, antara lain sebagai berikut :
a. Untuk pertumbuhan dan pemeliharaan.
b. Untuk pembentukan ikatan-ikatan esensial tubuh.
c. Untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh.
d. Untuk memelihara netralitas tubuh.
e. Untuk pembentukan antibodi.
f. Untuk mengangkat zat-zat gizi.
g. Sebagai sumber energi.
Oleh karena itu, protein sangat berperan penting dalam tubuh manusia, karena bial manusia tidak cukup protein, maka mereka akan dapat menderita gizi kurang.
Guna protein bagi tubuh manusia :
Protein sangat berperan penting untuk pertumbuhan manusia.penting yang terdapat dalam semua makhluk hidup. Jadi tanpa adanya protein tidaklah dapat dibentuk sel makhluk hidup. Secara garis besarnya guna protein bagi manusia adalah sebagai berikut :
a. Untuk membangun sel jaringan tubuh seorang bayi yang lahir dengan berat badan 3 kg.
b. Untuk mengganti sel tubuh yang aus atau rusak.
c. Untuk membuat air susu, enzim dan hormon air susu yang diberikan ibu kepadabayinya dibuat dari makanan ibu itu sendiri.
d. Membuat protein darah, untuk mempertahankan tekanan osmose darah.
e. Untuk menjaga keseimbangan asam basadari cairan tubuh.
f. Sebagai pemberi kalori.
Sumber protein.
Sumber protein untuk manusia ada 2, yaitu :
a. Sumber protein hewani.
Bahan makanan hewani merupakan sumber protein yang baik, dalam jumlah maupun mutu seperti telur, susu, daging, unggas, ikan, dan kerang.
b. Sumber protein nabati.
Sumber makanan seperti : kacang, kedelai dan hasilnya seperti tempe, tahu, serta kacang-kacangan lain.
5. Kebutuhan Protein Bagi Manusia.
Kebutuhan protein bagi manusia dapat ditentukan dengan cara menghitung jumlah protein yang diganti dalam tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menghitung jumlah unsur nitrogn (zat lemas) yang ada dalam protein makanan dan menghitung pula jumlah unsur nitrogen yang dikeluarkan tubuh melalui air seni dan tinja.
Penggunaan protein dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga dalam prakteknya jumlahprotein itu belum dapat memenuhi kebutuhan. Sebabnya antara lain :
- Kadar protein 18,75 gram itu dalam tubuh akan menyebabkan beberapa reaksi kimia yang tidak bisa berlangsung dengan baik.
- Kecernaan protein itu sendiri. Tidak semua bahan makanan yang mengandung serat-serat proteinnya bisa diambil tubuh. Karena adanya serat-serat ini, enzim-enzim tidak bisa masuk untuk memecah protein.
Berdasarkan pertimbangan diatas, maka ditetapkan bahwa kebutuhan protein bagi seorang dewasa adalah 1 gram untuk setiap kilogram berat badannya setiap hari. Untuk anak-anak yang sedang tumbuh, diperlukan protein yang lebih banyak, yaitu 3 gram tiap satu kilogram berat badannya.
Disamping itu, mengingat adanya protein sempurna dan tidak sempurna berdasarkan jumlah dan macam-macam asam amino yang ada dalam makanan, maka untuk menjamin agar tubuh benar-benar mendapatkan asam amin dalam jumlah dan macam yang cukup, sebaiknya untuk orang dewasa seperlima dari protein yang diperlukan haruslah protein yang berasal dari hewan, sedangkan untuk anak-anak sepertiga dari jumlah protei yang mereka perlukan.
Tabel : Angka kecukupan protein menurut kelompok umur.
N
O Kelompok umur (tahun) AKP (nilai PST) gram/kg
berat badan
Laki-laki Perempuan
1 0 – 0,5 1,86
(85 % dari ASI) 1,86
(85 % dari ASI)
2 0,5 – 2,0 1,39
(80 % dari ASI) 1,39
(80 % dari ASI)
3 4 – 5 1,08 1,08
4 5 – 10 1,00 1,00
5 10 – 18 1,96 0,90
6 18 – 60 0,75 0,75
7 60 + 0,75 0,75
8 Ibu hamil + 12 gram / hari
9 Ibu menyusui 6 bulan pertama. + 16 gram / hari
10 Ibu menyusui 6 bulan kedua + 12 gram / hari
11 Ibu menyusui tahun kedua + 11 gram / hari
Sumber : FAO/WHO/UNU,1985
PST : Protein Senilai Telur.
BAB III
PEMBAHASAN
1. Akibat Kekurangan dan Kelebihan Protein.
a. Akibat kekurangan protein.
Kekurangan protein banyak terdapat pada masyarakat sosial ekonomi rendah. Kekurangan protein murni pada stadium berat menyebabkan Kwasiorkor pada anak-anak dibawah lima tahun (balita). Kekurangan protein sering ditemukan secara bersamaan dengan kekurangan energi yang menyebabkan kondisi yang dinamakan Marasmus.
1. Kwasiorkor.
Istilah kwashiorkor pertamakali diperkenalkan oleh Dr. Cecily Williams pada tahun 1933, ketika ia menemukan keadaan ini di Ghana, Afrika. Dimana dalam bahasa Ghana kwashiorkor artinya penyakit yang diperoleh anak pertama, bila anak kedua sedang ditungu kelahirannya.
Kwashiorkor lebh banyak terdapat pada usia dua hingga tiga tahun yang sering terjadi pada anak yang terlambatmenyapih, sehingga komposisi gizi makanan tidak seimbang terutama dalam hal protein. Kwashiorkor dapat terjadipada konsumsi energi yang cukup atau lebih.
Gejalanya :
- pertumbuhan terhambat.
- Otot-otot berkurang dan lemah.
- Edema.
- Muka bulat seperti bulan (moonface)
- Gangguan psikimotor.
Ciri khas dari kwashiorkor yaitu terjadinya edema di perut, kaki dan tangan. Kehadiran kwashiorkor erat kaitannya dengan albumin serum. Pada kwashiorkor gambaran klinik anak sangat berbeda. Berat badan tidak terlalu rendah, bahkan dapat tertutup oleh adanya udema, sehingga penurunan berat badan relatif tidak terlalu jauh, tetapi bila pengobatan odema menghilang, maka berat badan yang rendah akan mulai menampakkan diri. Biasanya berat badan tersebut tidak sampai dibawah 60 % dari berat badan standar bagi umur yang sesuai.
Ciri-ciri :
- Rambut halus, jarang, dan pirang kemerahan kusam.
- Kulit tampak kering (Xerosis) dan memberi kesan kasar dengan garis-garis permukaan yang jelas.
- Didaerah tungkai dan sikut serta bokong terdapat kulit yang menunjukkan hyperpigmentasi dan kulit dapat mengelupas dalam lembar yang besar, meninggalkan dasar yang licin berwarna putih mengkilap.
- Perut anak membuncit karena pembesaran hati.
- Pada pemeriksaan mikroskopik terdapat perlemkan sel-sel hati.
2. Marasmus.
Marasmus berasal dari kata Yunani yang berarti wasting merusak. Marasmus umumnya merupakan penyakit pada bayi (12 bulan pertama), karena terlambat diberi makanan tambahan. Hal ini dapat terjadi karena penyapihan mendadak, formula pengganti ASI terlalu encer dan tidak higienis atau sering terkena infeksi. Marasmus berpengaruh dalam waku yang panjang terhadap mental dan fisik yang sukar diperbaiki.
Marasmus adalah penyakit kelaparan dan terdapat banyak di antara kelompok sosial ekonomi rendah di sebagian besar negara sedang berkembang dan lebih banyak dari kwashiorkor.
Gejalanya :
- Pertumbuhan terhambat.
- Lemak dibawah kulit berkurang.
- Otot-otot berkurang dan melemah.
- Erat badan lebih banyak terpengaruh dari pada ukuran kerangka, seperti : panjang, lingkar kepala dan lingkar dada.
- Muka seperti orang tua (oldman’s face).
Pada penderita marasmus biasanya tidak ada pembesaran hati (hepatomegalia) dan kadar lemak serta kholesterol didalam darah menurun. Suhu badan juga lebih rendah dari suhu anak sehat, dan anak tergeletak in-aktif, tidak ada perhatian bagi keadaan sekitarnya.
b. Akibat Kelebihan Protein.
Protein secara berlebihan tidak menguntungkan tubuh. Makanan yang tinggi proteinnya biasanya tinggi lemak sehingga dapat menyebabkan obesitas. Diet protein tinggi yang sering dianjurkan untuk menurunkan berat badan kurang beralasan. Kelebihan dapat menimbulkan masalah lain, terutama pada bayi. Kelebihan asam amino memberatkan ginjal dan hati yang harus memetabolisme dan mengeluarkan kelebihan nitrogen.
Kelebihan protein akan menimbulkan asidosis, dehidrasi, diare, kenaikan amoniak darah, kenaikan ureum darah, dan demam. Ini dilihat pada bayi yang diberi susu skim atau formula dengan konsentrasi tinggi, sehingga konsumsi protein mencapai 6 g/kg BB. Batas yang dianjurkan untuk konsumsi protein adalah dua kali angaka kecukupan gizi AKG) untuk protein.
2. Upaya Penanggulangan.
Untuk menanggulangi kekurangan / kelebihan protein, maka dapat dilakukan upaya penanggulangan sebagai berikut :
- pemantauan status gizi (PSG) masyarakat.
- Pemberian makanan tambahan (PMT).
- Pemantauan garam beryodium.
- Pemberian kapsul vit. A
- Pemberian tablet Fe.
- Pengumpulan data KADARZI.
BAB IV
PENUTUP
1. Kesimpulan.
Dari makalah diatas, maka peulis dapat menyimpulkan bahwa protein sangatlah penting, terutama bagi pertumbuhan. Disamping itu protein merupakan zat utama dalam membantu tumbuh kembang anak. Sehingga apabila anak cukup asupan proteinnya, maka anak akan tumbuh sehta, jauh dari gizi kurang dan tidak terjadinya gangguan tumbuh kembang.
Selain itu, protein merupakan penghasil energi terbesar. Dengan adanya protein dalam tubuh, maka tubuh akan merasa tetap segar. Tetapi yang harus diperhatikan asupan protein untuk tubuh haruslah seimbang, tidak boleh kekurangan dan tidak bileh pula kelebihan. Karena kelebihan atau kekurangan asupan protein dapat menimbulkan penyakit, seperti : kwashiorkor, marasmus, dan obesitas.
Oleh karena itu, diharapkan kepada pembaca, untuk dapat memanfaat kan apa yang telah disampaikan dalam makalah ini, guna untuk meningkatkan status gizi di masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang sehat.
2. Saran.
a. Diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat memenuhi asupan protein, agar dapat tumbuh dengn sehat.
b. Agar seluruh ibu-ibu memperhatikan gizi anak, terutama asupan proteinnya, agar tidak ada lagi penderita gizi buruk.
c. Kepada tenaga kesehatan untuk dapat mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang gizi, terutama tentang protein.
d. Diharapkan masyarakat atau pun pembaca mau ikut serta menggalakkan program tentang pemberantasan gizi buruk, untuk mencapai Indonesia sehat 2010.
DAFTAR PUSTAKA
1. Almatsier, S. ”Prinsip Dasar Ilmu Gizi”. Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta : 2006.
2. Sediaoetama, Drs. Ahmad Djaeni. ”Ilmu Gizi”. Penerbit : Dian Rakyat. Jakarta : 2006.
3. Moehdi, S. ” Ilmu Gizi”. Penerbit : Papasinar Sinanti. Jakarta : 2002.
4. Kartasapoetra, Drs.G. ”Ilmu Gizi”. Penerbit : Rineka Cipta. Jakarta : 2003.
5. http//www.google.com//gizi buruk//2008.
6. http//www.google.co.id//journal tentang protein.// 2008.

Mengapa Protein begitu penting bagi hidup kita ?

Oleh: yusiko NPM.095141020
UMITRA LAMPUNG 2009/2010
Kecukupan akan protein yang dianjurkan untuk seseorang, umumnya berbeda-beda. Ini tergantung pada berat badan, umur, dan jenis kelamin serta banyaknya jaringan tubuh yang masih aktif, seperti otot-otot dan kelenjar. Makin besar dan berat orang itu, semakin banyaklah jaringan aktifnya, sehingga makin banyak pula protein yang diperlukan untuk mempertahankan atau memelihara jaringan-jaringan tersebut.
Tahukah Anda? Bahwa sebenarnya protein merupakan komponen terbesar dari tubuh manusia setelah air. Jumlahnya 1/6 dari berat tubuh manusia (1/3 dari jumlah tersebut terdapat di dalam otot, 1/5 terdapat pada tulang, 1/10 terdapat pada kulit, lalu sisanya terdapat pada berbagai cairan tubuh).
Kebutuhan protein bisa diperoleh dari 2 sumber bahan pangan yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber terbaik protein hewani adalah daging dari mamalia, unggas, dan ikan laut. Sedangkan sumber terbaik dari protein nabati adalah dari kacang-kacangan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, kini banyak dikembangkan sumber protein baru yang dikenal dengan protein non-konvensional seperti protein daun, protein konsentrat dan protein sel tunggal.
Protein tersusun dari sejumlah asam amino. Asam amino yang membentuk protein pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu asam amino esensial (diperlukan oleh tubuh tetapi tidak dapat dibentuk oleh tubuh) dan asam amino nonesensial (diperlukan oleh tubuh dan dapat terbentuk tubuh bila bahannya tersedia).
Secara garis besar protein diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun, zat pengatur dan sebagai bahan bakar. Zat pembangun, protein merupakan bahan untuk membentuk jaringan baru didalam tubuh. Zat pengatur, protein ikut berperan serta dalam mengatur berbagai proses di dalam tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahan bakar, protein akan dibakar manakala keperluan tubuh akan energi tidak terpenuhi oleh hidrat arang dan lemak.

imunisasi

Tuhan menciptakan setiap makhluk hidup dengan kemampuan untuk mempertahankan diri terhadap ancaman dari luar dirinya. Salah satu ancaman terhadap manusia adalah penyakit, terutama penyakit infeksi yang dibawa oleh berbagai macam mikroba seperti virus, bakteri, parasit, jamur. Tubuh mempunyai cara dan alat untuk mengatasi penyakit sampai batas tertentu. Beberapa jenis penyakit seperti pilek, batuk, dan cacar air dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Dalam hal ini dikatakan bahwa sistem pertahanan tubuh (sistem imun) orang tersebut cukup baik untuk mengatasi dan mengalahkan kuman-kuman penyakit itu. Tetapi bila kuman penyakit itu ganas, sistem pertahanan tubuh (terutama pada anak-anak atau pada orang dewasa dengan daya tahan tubuh yang lemah) tidak mampu mencegah kuman itu berkembang biak, sehingga dapat mengakibatkan penyakit berat yang membawa kepada cacat atau kematian.
Sistem imun adalah suatu sistem dalam tubuh yang terdiri dari sel-sel serta produk zat-zat yang dihasilkannya, yang bekerja sama secara kolektif dan terkoordinir untuk melawan benda asing seperti kuman-kuman penyakit atau racunnya, yang masuk ke dalam tubuh.
Kuman disebut antigen. Pada saat pertama kali antigen masuk ke dalam tubuh, maka sebagai reaksinya tubuh akan membuat zat anti yang disebut dengan antibodi. Pada umumnya, reaksi pertama tubuh untuk membentuk antibodi tidak terlalu kuat, karena tubuh belum mempunyai "pengalaman." Tetapi pada reaksi yang ke-2, ke-3 dan seterusnya, tubuh sudah mempunyai memori untuk mengenali antigen tersebut sehingga pembentukan antibodi terjadi dalam waktu yang lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Itulah sebabnya, pada beberapa jenis penyakit yang dianggap berbahaya, dilakukan tindakan imunisasi atau vaksinasi. Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan agar tubuh tidak terjangkit penyakit tersebut, atau seandainya terkena pun, tidak akan menimbulkan akibat yang fatal.
Memberikan suntikan imunisasi pada bayi anda tepat pada waktunya adalah faktor yang sangat penting untuk kesehatan bayi anda. Yakinlah bahwa dengan membawa bayi anda untuk melakukan imunisasi adalah salah satu yang terpenting dari bagian tanggung jawab anda sebagai orang tua
Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Kesehatan memang modal utama untuk memulai kehidupan ini dengan lebih baik. Karena itu sebagai orangtua kita tidak boleh melupakan imunisasi bagi bayi dan anak kita, karena imunisasi ini amat berguna untuk melindungi anak kita dari berbagai virus yang mengancam kehidupannya.